InternasionalMetroNews

Brussel Urban Summit 2023 di Belgia, Wakil Wali Kota Yiwu Tertarik Jajaki Kerja Sama Sister Ciy dengan Makassar

BRUSSEL-BELGIA, NEWSURBAN.ID — Kecerdasan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto dalam membangun kota yang berdaya tahan menarik perhatian peserta Brussel Urban Summit di Belgia.

Kegiatan ini berlangsung di Brussels City Hall Belgia pada 12-15 Juni 2023 dan di ikuti 23 kota dari 18 negara di dunia. Danny Pomanto bahkan satu-satunya wali kota di ASEAN yang di undang di forum Internasional tersebut.

Usai menjadi pembicara pada sesi Metropolis Policy Debat bersama Wali Kota Brussel Belgia Philippe Close dan Wali Kota Bogota Kolombia Claudia Lopez, delegasi dari berbagai kota tampak menghampiri Danny Pomanto.

Baca Juga: Brussel Urban Summit 2023 Belgia, Wali Kota Makassar Danny Pomanto Beberkan Program Wujud Nyata Ketahanan Kota Jawab Tantangan Global

Salah satunya Wakil Wali Kota Yiwu China Zupan Luo. Keduanya banyak berdiskusi lepas dan mulai melakukan penjajakan kerja sama antara Kota Yiwu China dengan Kota Makassar Indonesia.

“Beliau juga berharap agar hubungan kedua kota dapat di tingkatkan menjadi sister city. Dalam mendukung kemajuan masing-masing kota,” kata Danny Pomanto, Senin (12/06/2023).

Pada sesi Metropolis Policy Debat, Danny Pomanto memaparkan sejumlah langkah konkret. Yang di lakukan pemerintah kota dalam membangun Makassar menjadi kota tangguh dan layak huni.

Baca Juga: Danny Pomanto Resmikan Grha Prodia Makassar, Pusat Rujukan Pemeriksaan Laboratorium di Indonesia Timur

Mulai Program Lorong Wisata yang ia gagas sendiri, RISE kolaborasi Monash University dan Melbourne University Australia. Dan Pemerintah Australia sebagai upaya pengentasan kawasan kumuh.

Modernisasi kota melalui gang taman pintar bekerja sama National Science Foundation USA. Dan di sponsori oleh Kementerian Luar Negeri AS dan 6 universitas terkemuka di Amerika dan Indonesia.

Membuat kendaraan listrik kecil yakni Co’mo atau Commuter Metromoda tahun lalu. Sebagai prototipe kendaraan umum untuk berkunjung ke Lorong Wisata.

Baca Juga: Danny Pomanto: Soto Lamongan-Coto Makassar Tak Bertentangan, Justru Saling Mendukung

Peningkatan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dari 11% menuju target 30%. Hingga Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik (PSEL) yang saat ini sudah dalam tahap penawaran.

Program-program tersebut adalah langkah pemerintah kota beradaptasi dengan berbagai tantangan global. Seperti ledakan penduduk, pandemi, geo-politik, hingga perubahan iklim.

“Jadi sekarang kita hanya memiliki satu kata, kita hanya memiliki satu kehidupan. Kita harus memiliki satu komitmen yang kuat. Selamatkan planet kita dengan membuat dunia global kita lebih hijau dan nol-karbon,” tegasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button