MetroNews

Kadis Kominfo Paparkan Inovasi Longwis Hingga Marvec di Forum Internasional ASCN 2023

BALI, NEWSURBAN.ID — Masuk dalam daftar kota pintar di dunia, Makassar semakin dipercaya untuk mengikuti forum berskala Internasional. Kali ini, Kota Makassar mengikuti Asean Smart City Network (ASCN) 2023. Kegiatan ini, berlangsung di Bali pada 12-13 Juli.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Ismawaty Nur.

Dalam forum Internasional tersebut, Ismawaty Nur menyampaikan inovasi Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Danny Pomanto.

Seperti, Homecare dan Telemedicone, Lorong Wisata, Pajak Terintegasi dan Terdigitalisasi (Pakinta), Makassar Inkubator Center, serta Makassar Virtual Economic Center (Marvec).

Di hadapan seluruh peserta forum, Ismawaty menjelaskan bahwa pemerintah kota saat ini sementara membenahi lorong-lorong yang ada di Makassar.

Baca Juga: Dinas Kominfo Makassar Terima Dua Penghargaan dari IGA 2023

Tidak hanya dari sisi tampilan atau fisik yang lebih instagramebel, tapi juga pengembangan SDM masyarakat lorong agar dapat bertahan hidup di tengah infalsi.

“Jadi di lorong wisata ini kita meningkatkan partisipasi masyarakat menjaga keamanan pangan dan infalsi dengan menanam cabai, hingga bawang yang menjadi penyumbang infalsi terbesar di Indonesia,” kata Ismawaty Nur, di Annual Meeting at Internasional Hotel, Rabu (12/07/2023).

Untuk menjaga keamanan 1.095 lorong wisata yang ada saat ini, Pemkot Makassar melalui Diskominfo telah memasang 4.380 CCTV yang tersebar di seluruh lorong wisata.

“Target kita 5.000 lorong hingga 2026. Jadi seribu lorong setiap tahun. 2022 kemarin ada 1.095 lorong dan tahun ini kita berharap ada tambahan seribu lorong lagi yang kita sulap menjadi destinasi wisata baru di Makassar,” lanjutnya.

Untuk memajukan pelaku UMKM yang ada di Makassar khususnya UMKM di Lorong Wisata, pemerintah kota juga sudah memiliki Inkubator Center.

Melalui inovasi Inkubator Center yang-dikelola Dinas Koperasi dan UKM, Pemkot Makassar memfasilitasi, membantu, serta mendidik pelaku UMKM agar lebih kreatif.

Termasuk membantu pelaku UMKM dalam hal legalitas produk dan menjembatani pelaku UMKM dan pihak perbankan agar lebih mudah mendapatkan modal usaha.

“Di Inkubator Center ini kita membantu pelaku UMKM untuk meningkatkan produk mereka dengan fokus pada bimbingan, peningkatan kualitas produk, serta konektivitas dengan pemangku kepentingan untuk mendukung ekonomi Makassar,” jelasnya.

Baca Juga: Dinas Kominfo Makassar Canangkan Program Meeting Metaverse dan Bangun Aplikasi Diagnosa Kesehatan

Ke depan, Pemkot Makassar akan memiliki Makassar Virtual Economic Center (Marvec) sebagai pusat data pengembangan sektor ekonomi di Makassar.

Juga meningkatkan penetrasi pasar dalam memperluas dan meningkatkan jumlah pelaku UMKM di Kota Makassar.

“Begitu juga dengan inovasi Pakinta yang sekarang di kelola Bapenda itu memudahkan masyarakat membayar pajak dan mencegah terjadinya kebocoran pajak. Sehingga PAD Rp2 triliun bisa terealisasi,” tutur Ismawaty.

Sementara Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto sejak kepemimpinannya di periode pertama 2014 lalu telah menerapkan konsep Sombere and Smart City.

Mengusung visi Mewujudkan Makassar Kota Dunia yang Sombere and Smart City. Kota Makassar juga terus mengokohkan diri agar masuk dalam jajaran kota-kota dunia melalui sistem smart city.

“Lagi-lagi Makassar selalu masuk daftar penting di dunia. Dan ini adalah bagian dari Visi Misi Pemkot Makassar yang di samping menjadi kota dunia. Juga menjadi smart city,” kata Danny Pomanto, beberapa waktu lalu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button