NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Jenderal Bintang 3 Sahabat Kapolri Bakal Lawan "Dinasti" Sudirman Sulaiman di Pilgub Sulsel 2024

JAKARTA, NEWSURBAN.ID  – Kabaharkam Polri Komjen Mohammad Fadil Imran kembali pulang kampung di Sulawesi Selatan (Sulsel), Senin 4 Maret 2024. Bila itu terjadi, Jenderal Bintang Tiga sahabat Kapolri itu bakal lawan “dinasti” Sudirman Sulaiman di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2024.

Diketahui, kedatangannya untuk berziarah ke makam sang ibunda, Sitti Siada Dg Siang Binti Basarang di pemakaman Desa Manjapai, Kecamatan Bontonompo, Kabupaten Gowa.

Di mana ibu kandung Fadil Imran tutup usia pada Selasa 19 Januari 2021 tiga tahun lalu. Saat itu, Fadil Imran berada di Jakarta yang masih menjabat Kapolda Metro Jaya.

Baca Juga: Mabes Polri Akui Keamanan dan Kedamaian Sulsel Jadi Barometer di Indonesia Timur

Fadil Imran kini kembali hangat diperbincangkan. Itu karena, dalam setahun terakhir dia rutin pulang kampung ke Sulsel. Dalam kurun lima bulan terakhir ini sempat menjadi perbincangan hangat.

Pulangnya Fadil Imran muncul isu hangat, bahwa Fadil Imran rajinnya pulang kampung-dikaitkan dengan desus bakal maju bertarung di Pilgub Sulsel.

Apalagi, setelah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) terang-terangan melirik Fadil Imran sebagai figur yang layak-didorong maju calon Gubernur Sulsel 2024 nanti.

Baca Juga: Demo 11 April, Kapolda Metro Jaya Tekankan Empat Poin Kepada Personel Pengamanan

Sejauh ini ada empat nama mencuat di internal PPP. Mereka ialah, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto.

Selanjutnya Mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin dan Kabaharkam Polri, Irjen Fadil Imran.

“Di internal PPP Sulsel sudah berhembus nama-nama itu. Keseriusan para kandidat masih akan-dilihat perkembangannya ke depan,” kata Ketua OKK DPW PPP Sulsel, Taufiq Zainuddin belum lama ini.

Fadil Imran Siap Maju

Dalam kurun lima bulan terakhir ini, Fadil Imran rutin pulang kampung. Sebelum 4 Maret 2024 kemarin, Fadil Imran pada 7 Juli 2023 lalu, pulang kampung.

Di mana dia menghadiri ujian promosi doktor anggota Komisi III DPR RI Andi Rio Idris Padjalangi.

Empat bulan kemudian, Senin 6 November 2023, Fadil Imran kembali pulang kampung ke Sulsel. Datang meresmikan Kantor Polsub Sektor Bontonompo Selatan Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Mudah Ditemui, Mantan Ketua Apdesi Maros Juluki IAS Asli Anak Warkop

Kepulangan Fadil Imran ini,disambut meriah warga di Bumi Butta Bersejarah itu. Sejumlah warga dan tokoh Gowa pun mengajak Fadil Imran berswafoto.

Santer Fadil Imran maju Pilgub Sulsel yang-dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024. Kini, sejumlah parpol mulai mencari tokoh-tokoh yang-dianggap bisa memimpin 01 Sulsel.

Bukan tanpa alasan, Fadhil Imran cukup terkenal di Sulsel. Itu karena prestasi gemilangnya. Dia akan pensiun pada 14 Agustus 2026 saat umurnya genap 58 tahun.

Semasa menjadi Kapolda Metro Jaya Fadil juga-dinggap sukses memimpin terutama karena dalam masa pandemi Covid-19 dan berhasil menjaga Jakarta sebagai barometer penanganan covid.

“Fadil adalah tokoh dan jendral berkarakter yang layak-dikedepankan bersaing di Sulsel. Tak ada yang salah kita memunculkan banyak tokoh-tokoh untuk menghadirkan alternatif. Selama ini itu-itu saja tokoh yang mencul di public,” kata Pengamat Politik Sulsel, Dr Nurmal Idrus.

Mantan ketua KPU Makassar ini mengatakan, sosok Fadil Imran akan mendatangkan magnet tersendiri bagi Sulsel terutama karena dia sosok jenderal aktif dan penuh prestasi. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button