MetroNews

Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI Sukses Digelar, Delegasi Pemuda Lahirkan Rekomendasi Menuju Indonesia Maju

MAROS, NEWSURBAN.ID Dikemas dengan konsep camping, pelaksanaan Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI yang berlangsung di Tokka Tena Rata sukses digelar.

Berlangsung selama dua hari mulai 10-11 Juli, Pemkot Makassar sebagai tuan rumah mampu memberikan pengalaman dan suasana baru kepada para peserta yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Terlebih Youth City Changers Rakernas APEKSI tahun kali pertama diikuti delegasi pemuda Singapura. Termasuk YCC dengan jumlah kota terbanyak yaitu mencapai 50 kota.

Ada banyak kegiatan selama pelaksanaan Youth City Changers di Tokka Tena Rata. Salah satunya melalui forum diskusi yang melahirkan rekomendasi ide-ide atau gagasan yang bisa diimplementasikan dalam membangun kota menuju Indonesia maju.

Baca Juga : Kemenpora Siap Jadikan Rekomendasi Forum Youth City Changers Rujukan Referensi Kebijakan Kepemudaan

Delegasi pemuda dari 50 kota se-Indonesia dibagi menjadi empat komisi dan membahas masing-masing tema. Yaitu empowerment, sustainibility, future leader, dan digitalization.

Sebagai contoh rekomendasi yang dilahirkan di forum tersebut yaki para peserta mendesak pemerintah membuat UPT digitalisasi dan juga membuat aplikasi satu pintu dalam layanan publik.

“Rekomendasi-rekomendasi dari hasil sidang ini kemudian dipaparkan saat Forum Wali Kota se-Indonesia Rakernas APEKSI XVI,” kata Ketua Umum APEKSI Bima Arya, saat menutup event Youth City Changers di Tokka Tena Rata, Selasa (11/07/2023).

Ada satu peserta terbaik Youth City Changers yang dipilih menjadi perwakilan memaparkan seluruh rekomendasi dari hasil sidang komisi pemuda Indonesia. Ia adalah Laila Ramadani delegasi Kota Ternate Maluku Utara.

Bima Arya juga berharap apa yang sudah jadi rekomendasi dalam forum Youth City Changers bisa dilaksanakan meski dirinya dan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto tidak lagi menjadi wali kota.

Baca Juga : Kopiteori Gowa Dibuka, Adnan Sebut Bantu Tingkatkan Perputaran Uang

“Semoga pemuda yang ada di sini ke depan bisa menjadi tokoh ataupun pemimpin di daerahnya masing-masing,” harap Bima Arya.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar Andi Pattiware mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung dan menyukseskan event Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI.

“Semoga kegiatan Youth City Changers selama dua hari ini memberikan manfaat untuk kita semua dan apa yang menjadi tujuan kita bisa tercapai,” harap Andi Pattiware.

Diketahui sebelum event Youth City Changers Rakernas APEKSI ditutup petang tadi, Danny Pomanto, Bima Arya dan Sekretaris Dewan APEKSI Alwis Rustam bersama seluruh delegasi pemuda Indonesia dan Singapura menanam pohon tabebuya di kawasan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button