NewsSulsel

Peringatan Hari Bela Negara, Pj Gubernur Sulsel Serahkan Sejumlah Bantuan

BONE, NEWSURBAN.ID — Peringatan Hari Bela Negara ke-75 Tahun 2023 Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) dipusatkan di Lapangan Merdeka, Kabupaten Bone, Selasa, 19 Desember 2023. Pada momentum ini, Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, yang bertindak selaku Inspektur Upacara, menyerahkan sejumlah bantuan.

Adapun bantuan yang diberikan, antara lain bantuan bibit cabai, bantuan paket peralatan UMKM, serta 2.500 paket pasar murah. Juga-diserahkan 2.000 keping KTP elektronik secara simbolis kepada warga yang baru melakukan perekaman.

Pj Gubernur Sulsel pada upacara ini membacakan amanat Presiden RI. Bahwa Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita-citakan.

Baca Juga: Pj Sekda Andi Muhammad Arsjad Terima Pengurus BWI Sulsel, Bahas Program Wakaf Catin, Pendidikan, serta Haji dan Umrah

Tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.

“Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu. Semangat Bela Negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat. Ini adalah tugas kita bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pesan Presiden dalam amanat yang-dibacakan Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin.

Salah seorang mahasiswi STIE YAPI Bone, Nur Ainun Laily, mengatakan, Hari Bela Negara ini memotivasi sebagai anak bangsa bagaimana meneladani pahlawan terdahulu dan dapat jadikan pembelajaran.

Baca Juga: Pj Sekda Sulsel Apresiasi Rencana Peluncuran RAD-PG Inisiasi UNICEF dan Jenewa

Baginya, upaya Bela Negara dapat-dilakukan dalam Pemilihan Umum (Pemilu) dengan cara menggunakan hak pilih untuk memilih calon pemimpin, baik eksekutif maupun legislatif.

“Termasuk menggunakan hak suara di Pemilu dan Pilkada, bagi saya merupakan bentuk hak bela negara. Karena memilih pemimpin-disertai harapan membawa NKRI lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, Siswa SMA Negeri 3 Bone, Muhammad Arief Munandar, mengaku sangat senang bisa mendapatkan e-KTP yang-diserahkan langsung oleh Gubernur Sulsel dan Bupati Bone.

“Senang sekali bisa dapat e-KTP yang-diserahkan langsung Bapak Gubernur dan Bapak Bupati. Bisa bertemu langsung dengan beliau. Saya senang juga bisa-digunakan untuk memilih nanti,” ucapnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button