MetroNews

Peringatan Hari Kebudayaan Makassar, Lima Kabupaten/Kota Ikut Karnaval Budaya

#Hibur Tamu PSBM

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Lima kabupaten/kota di Indonesia, turut ramaikan peringatan Hari Kebudayaan Kota Makassar yang jatuh pada tanggal 1 April lalu. Pemerintah Kota Makassar pada peringatan Hari Kebudayaan Makassar yang sudah memasuki tahun ke-6 tahun ini, menggelar malam karnaval budaya.

Malam karnaval budaya ini diikuti 700 peserta yang berasal dari 5 daerah di Sulsel serta seluruh anggota sanggar di Kota Makassar.

β€œIni sebagai bentuk penghargaan kepada budaya. Kita harus melestarikannya sesuai tema yaitu Budaya Masa Depan. Partisipasi dari daerah dan sanggar-sanggar sangat terlihat,” ucap Moh. Ramdhan Pomanto, Wali Kota Makassar, di Anjungan City Of Makassar, Minggu (21/04/24).

Baca Juga:Β Indira Yusuf Ismail Ajak Perguruan Tinggi Kolaborasi Wujudkan Pendidikan PAUD Negeri Berkualitas di Makassar

Ratusan peserta karnaval budaya ini juga tampil dihadapan tamu dari Pertemuan Saudagar Bugis Makassar (PSBM) sebagai rangkaian acara.

Beragam kebudayaan nusantara tampil, mulai dari adat Bugis Makassar dengan baju kebesarannya yakni jas tutup dan baju bodo.

Atraksi tarian hingga pengiring musik toriolo ikut meramaikan demi memperkuat budaya kedepannya sebagai ciri khas kota Makassar.

Baca Juga:Β Konjen Filipina Terkesan dengan Makassar, Marry Jennifer ke Danny Pomanto: Saya Akan Kembali!

Selain itu, ada juga adat Bali yang di bawakan langsung oleh Sanggar Kita Saraswati.

Konsepnya cukup unik, mereka menampilkan Barong diiringi musik khas Bali yang di sebut dengan Bola Ganjur.

Bola Ganjur ini katanya wajib di bawakan saat merayakan kegembiraan atau penyambutan tamu-tamu negara bangsawan.

Dewan Penasehat Sanggar Kita Saraswati, Gede Burahman mengungkapkan keikutsertaannya ini sebagai bentuk dukungan terhadap program Pemkot Makassar dalam pelestarian budaya.

Baca Juga:Β Ketua TP PKK Kota Makassar Hadiri Pemuda Fest, Ajak Pemuda Wujudkan Makassar Low Carbon City

β€œKami sering ikut. Partner di Dinas Kebudayaan. Kita ingin memperkenalkan budaya adat bali di Kota Makassae. Sebagai paguyuban Hindu Bali kami senang karena pemimpinnya juga tak lupa akan budaya. Memberikan kita panggung untuk semua budaya,” ungkapnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan, Herfida Attas menambahkan Hari Kebudayaan Kota Makassar yang ditetapkan sejak tahun 2018. Tahun ini merupakan tahun ke-6.

Kegiatan ini rutin di laksanakan Pemerintah Kota Makassar beserta masyarakatnya untuk melestarikan budaya dan menghibur masyarakat.

Baca Juga:Β PJ Sekda Dukung Rencana Pembangunan Rusun Mahasiswa Poltek Makassar Kemenkes

Tiap peringatan Hari Budaya Makassar warga mengenakan pakaian adat sebagai simbol perayaan dalam warna warni budaya Makassar.

β€œTanggal 1 April kemarin kami berpakaian adat semua OPD. Dan malam ini rangkaiannya sekaligus kita sambut tamu dari PSBM. Semoga semangat budaya masa depan ini bisa berdampak baik untuk semua masyarakat dalam melestarikan budaya kota Makassar,” pungkasnya.Β (*)

Baca Berita dan Artikel Lain diΒ Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button