NewsSulsel

Revitalisasi Pesanggrahan dan TK Pertiwi Tanete Jadi Kado Akhir Tahun 2023

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Dua bangunan ikonik di Tanete Kecamatan Bulukumpa rampung dikerjakan tahun 2023 ini. Revitalisasi kedua bangunan itu adalah Pesanggrahan dan Taman Kanak Kanak (TK) Pertiwi Tanete. Pekerjaaan Pesanggrahan adalah rehab bangunan gedung dan penataan taman di halaman Pesanggrahan.

Revitalisasi salah satu Cagar Budaya Bulukumba ini menelan anggaran Rp1,4 milyar. Dengan halaman dan taman yang lebih tertata rapi, Pesanggrahan Tanete ini menjadi ruang publik yang lebih representatif bagi warga.

Sementara pembangunan TK Pertiwi merupakan pekerjaan renovasi total. Di mana gedung lama di bongkar dan di bangun kembali dengan gedung baru berlantai dua yang menelan anggaran Rp1,4 miliar.

Setelah rampung kini gedung TK Pertiwi tampak megah dengan model minimalis. Bahkan menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bulukumba, Andi Buyung Saputra gedung TK Pertiwi ini memiliki prototipe sebagai TK bertaraf internasional.

Menurutnya penyelesaian pekerjaan kedua bangunan yang-dianggarkan melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ini menjadi kado akhir tahun 2023.

Baca Juga: Imunisasi Dasar Lengkap Bulukumba Capai 100,93 Persen

“Revitalisasi Pesanggrahan sebagai upaya menjaga cagar budaya. Sementara TK Pertiwi sebagai TK percontohan dalam pengelolaan pendidikan anak usia dini,” ungkap Andi Buyung Minggu 31 Desember 2023.

Terkait pelaksanaan proyek infrastruktur di sektor pendidikan, Andi Buyung mengaku menyiapkan tim sehingga proyek infrastruktur pendidikan dan kebudayaan lebih berkualitas.

“Kita punya tim pengelola DAK dan DAU yang di lapangan terus mengawasi pelaksanaan. Baik menggunakan anggaran DAK maupun DAU,” kata Andi Buyung Saputra.

Sementara dari sisi kurikulum, lanjutnya 100% menerapkan implementasi Kurikulum Merdeka, guru penggerak menjadi kepala sekolah di angka 45% dan tertinggi di Sulsel.

Pihak-Disdikbud Bulukumba juga menggalakkan pendidikan vokasi wirausaha dengan menanam cabai, sayuran, pupuk organik dan penelitian terintegrasi dengan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5). (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button