MetroNews
Trending

Diskominfo Kota Makassar Optimalkan PPID Pelaksana Melalui Bimtek

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dinas Komunikasi dan Informatika atau Diskominfo Kota Makassar optimalkan PPID atau Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi pelaksana. Salah satunya melalui bimbingan teknis bekerjasama dengan USAID Erat, di Best Western Plus Hotel, Makassar, Kamis (9/06/2023).

Bimtek tersebut bertujuan untuk memperkuat sinergi antar seluruh PPID lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari (Kamis-Jumat, 8-9 Juni 2023). Pesertanya, dari Sekretaris Dinas dan Badan serta Operator PPID di setiap badan dan dinas Lingkup Pemkot Makassar.

Baca Juga: Wawali Fatmawati Rusdi dan Ratusan Satgas Gelar Aksi Bersih-Bersih Pasar Pabaeng-Baeng

Staf Ahli Wali Kota Makassar Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Irwan Adnan dalam sambutan pembukaannya mewakili wali kota Makassar menyampaikan pemenuhan hak publik atas informasi adalah penting.

“Hak atas informasi menjadi sangat penting karena makin terbuka penyelenggaraan negara untuk diawasi oleh publik, maka penyelenggaraan negara tersebut makin dapat dipertanggungjawabkan,” ucapnya.

Selain itu, Ia juga menyampaikan bahwa hak publik untuk meningkatkan kualitas relevan dalam proses kebijakan.

Baca Juga: PD RPH Makassar Datangkan Ratusan Ekor Sapi Kurban dari Sumbawa

“Hak setiap orang untuk memperoleh informasi juga relevan untuk meningkatkan kualitas pelibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Jika partisipasi atau pelibatan masyarakat tidak banyak, itu berarti proses pemerintahan berjalan tanpa adanya jaminan keterbukaan informasi publik,” lanjutnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kominfo Kota Makassar Ismawaty Nur memberi pesan dan motivasi kepada seluruh peserta Bimtek. Agar bekerjasama meningkatkan ranking keterbukaan informasi publik Pemkot Makassar.

“Sebagai entitas Pemkot Makassar, tujuan kita adalah sama yaitu menyukseskan program wali kota. Dan itu tercermin dari seluruh kinerja kita sebagai satu kesatuan Pemkot Makassar. Mari membantu PPID Utama untuk bersama-sama menyelesaikan Monev PPID,” ungkapnya.

Baca Juga: Wali Kota Danny Instruksikan DP3A Segera Jadikan Kontainer Posko Program Jagai Anakta

Bimtek ini juga bertujuan untuk memaksimalkan peran dan fungsi PPID dalam mengelola dan memberikan informasi publik berkala, serta-merta. Dan setiap saat sehingga dapat meminimalkan dan penanganan dengan baik sengketa informasi yang terkadang menyeret badan publik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button