MetroNewsPeristiwa

AP I Ungkap Penyebab Pesawat Pengangkut Jemaah Haji Kloter 5 Embarkasi Makassar Lakukan RTB

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Pesawat Garuda Indonesia pengangkut jemaah haji Kelompok Terbang (Kloter) 5 Embarkasi Makassar mengalami kendala teknis saat penerbangan hingga harus RTB. Pesawat tersebut telah berada di udara selama kurang lebih 97 menit kemudian harus return to base (RTB) alias kembali ke bandara Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Taochid Purnomo Hadi menyampaikan, pesawat meninggalkan Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar pada pukul 15.30 Wita.

Dia melanjutkan, setelah mendapat informasi terjadi kendala teknis dari Angkasa Pura I beserta stakeholder Emergency Operation Committee segera siaga di bandara. Pesawat pengangkut haji kloter 5 Embarkasi Makassar itu pun harus RTB atau kembali dan mendarat di Bandara Sultan Hasanuddin, Makassar.

Baca Juga: Pesawat Di duga Pengangkut Jemaah Haji Terbakar di Makassar

“Pukul 17.07 Wita pesawat tersebut mendarat, di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Pendaratan pesawat aman dan selamat,” kata Purnomo dalam keterangannya, Rabu, 15 Mei 2024.

Ia mengatakan, jemaah haji yang jumlahnya kurang lebih 450 jemaah dengan petugas haji.  Mereka langsung di bawa ke Asrama Haji Sudiang, Makassar.

“Jemaah haji tersebut langsung di bawa menuju ke Asrama Haji. Untuk pelayanan oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sulsel dan Garuda Indonesia,” tutup Purnomo mengutip herald.id, grup media newsurban.id.

Baca Juga: Lepas Kloter 1 Jemaah Haji Embarkasi Makassar, Pj Gubernur: Luruskan Niat Hanya untuk Beribadah 

Sebelumnya, burung besi berwarna biru putih itu kembali mendarat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. 441 jemaah dan 9 petugas yang ada di dalamnya, di kabarkan selamat.

Para penumpang adalah Calon Jemaah Haji (CJH) Kloter 5, yang baru saja terbang menuju tanah suci. Di lepas Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi bersama 3 anggota lainnya. Yakni Samsu Niang, Jumrah dan Sri Wulan yang melakukan kunjungan kerja spesifik ke Makassar. Dalam rangka melepas kemberangkatan jemaah haji kloter 5 embarkasi Makassar, di Aula Mina, Asrama Haji Sudiang, Makassar, Rabu, 15 Mei 2024.

Namun saat pesawat baru saja take off, tiba-tiba mesin pada bagian kanan pesawat mengeluarkan asap. Saksi melihat pesawat itu terbang rendah di atas Makassar.

Saksi mata yang enggan di sebutkan namanya mengaku melihat sayap kanan pesawat mengepulkan asap. Kejadiannya antara pukul 15.30 -15.40 Wita. Saksi melihatnya dari pintu 1 Unhas. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button