MetroNews

Danny Pomanto Kukuhkan Forum Dewan Lorong, Upaya Bentuk Mitigasi Sosial

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto) kukuhkan Forum Dewan Lorong baik di tingkat Kelurahan, Kecamatan, dan Kota Makassar.

Pengukuhan Forum Dewan Lorong Kota Makassar yang di ketuai Faisal Hamdan berlangsung di Tribun Lapangan Karebosi, Jumat (14/6/2024).

Wali Kota Danny Pomanto mengatakan Forum Dewan Lorong di bentuk dalam rangka membangun rekonstruksi sosial untuk membentuk mitigasi sosial.

Baca Juga: DP2 Makassar Gencar Lakukan Pemeriksaan Hewan Kurban Jelang Idul Adha

Bagaimana masyarakat mempersiapkan diri di dalam menghadapi begitu banyak persoalan sosial yang tentunya di backup oleh pemerintah kota.

Sehingga di butuhkan organisasi tak hanya secara formal seperti RT/RW, tetapi juga organisasi masyarakat yang di bentuk oleh pemerintah kota yaitu Dewan Lorong.

“Pentingnya acara hari ini yaitu bagaimana seriusnya pemerintah kota mengurus lorong. Kita tidak hanya me-makeup kota ini, tapi lebih dari itu yaitu bagaimana kota ini tumbuh sehat lewat sel kota namanya Lorong Wisata dan di dalamnya namanya Dewan Lorong,” ucap Danny Pomanto.

Baca Juga: Sudah Sampai di Tingkat Provinsi, Pj Sekda Firman Harap Dukungan Terkait Tata Ruang RTRW Kota Makassar

Karena itu, menurut Danny Pomanto 7 ribu dewan lorong penting menjadi penggerak Lorong Wisata. Yang merupakan sebuah sel kota yang mampu menggerakkan banyak hal.

“Mampu menggerakkan UMKM, mampu menggerakkan city farming, aquapond, mampu menggerakkan ekonomi lorong. Walaupun kecil-kecil ketemu kecil maka seperti bambu menjadi sebuah kekuatan besar,” tuturnya.

Dewan Lorong terdiri dari tiga unsur, yaitu tokoh masyarakat, kaum perempuan. Dan milenial, anak-anak muda yang di persiapkan untuk mengurus Makassar ke depan.

Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Makassar Alamsyah Sahabuddin mengungkapkan bahwa pemilihan Ketua Forum Dewan Lorong melalui proses yang panjang.

Baca Juga: Sampaikan Realisasi APBD 2023, Firman Pagarra Imbau OPD Pacu Kinerja dan Bekerja Optimal

Di mulai dari berembuknya dewan lorong di masing-masing kelurahan yang di pimpin masing-masing lurah. Dan di pilih menjadi Ketua Forum Dewan Lorong Kelurahan.

Selanjutnya, Ketua Forum Dewan Lorong Kelurahan yang terpilih berembuk dan membentuk Ketua Forum Dewan Lorong Kecamatan. Begitu pun untuk tingkat Kota Makassar.

“Jadi jami memandang perlu membentuk forum silaturahmi dan Forum Dewan Lorong sebagai wadah komunikasi. Untuk mempercepat suksesnya pelaksanaan program lorong wisata,” ungkap Alamsyah Sahabuddin.

Di ketahui, anggota Forum Dewan Lorong se-Kota Makassar sebanyak 7.836 orang yang tersebar di 2.612 lorong wisata. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button