NewsSulsel

Kali Pertama Presiden RI Berkunjung ke Bulukumba Menginap di Tanjung Bira

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID – Kabupaten Bulukumba, di bawah kepemimpinan Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati Andi Edy Manaf, mencatat sejarah baru dengan kunjungan Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, menginap di Tanjung Bira, pada Kamis, 4 Juli 2024.

Sejak terbentuk 64 tahun yang lalu, ini adalah kali pertama Presiden Republik Indonesia mengunjungi Kabupaten Bulukumba, sehingga menjadikan momen tersebut sangat bersejarah.

Kunjungan bersejarah ini menunjukkan perhatian pemerintah pusat terhadap kabupaten yang berjuluk Butta Panrita Lopi atau Tanah Sang Pandai Perahu ini.

Baca Juga: Masa Jabatan Bertambah 2 Tahun, Andi Utta Kukuhkan Kepala Desa dan BPD di Bulukumba

Presiden Jokowi tiba di Bulukumba melalui perjalanan darat dari Kabupaten Sinjai. Presiden dua periode ini tiba di wilayah Bulukumba menjelang malam.

Meski tiba malam, tidak menyurutkan antusiasme warga di pinggir jalan menyambut Presiden Jokowi yang datang bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo.

Jokowi yang mengendarai mobil plat RI 1 dikawal ketat oleh Paspamres tiba di pintu gerbang Kawasan Wisata Tanjung Bira sekitar pukul 20.30 WITA malam.

Baca Juga: Bupati Andi Utta Buka Kuliner Pantai Merpati Secara Resmi

Kedatangannya disambut oleh Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, dan Ketua PKK Bulukumba, Andi Herfida Muchtar yang telah menunggu di lokasi Jokowi menginap di Tanjung Bira.

Kunjungan ini diharapkan dapat meningkatkan profil daerah dan menarik lebih banyak perhatian wisatawan serta investor ke Bulukumba.

Bupati Andi Muchtar Ali Yusuf menyatakan bahwa kunjungan Presiden Jokowi adalah bukti nyata dari komitmen pemerintah pusat untuk membangun Indonesia dari pinggiran, termasuk daerah-daerah yang sebelumnya jarang mendapat perhatian.

“Kami berharap kunjungan ini akan membawa dampak positif bagi perkembangan Bulukumba,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab dan DPRD Setujui Penetapan Ranperda Perseroda Bulukumba dan 3 Ranperda Lainnya

Bupati yang akrab disapa Andi Utta itu menambahkan bahwa kunjungan ini memberikan motivasi tambahan bagi pemerintah daerah untuk terus bekerja keras dalam memajukan Bulukumba.

“Kami akan memanfaatkan momentum ini untuk menunjukkan potensi Bulukumba,” katanya.

Dengan kunjungan bersejarah ini, diharapkan Kabupaten Bulukumba akan semakin dikenal di tingkat nasional dan internasional. Pemerintah daerah berharap kunjungan Presiden Jokowi akan membuka peluang baru bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Bulukumba.

Kunjungan tersebut juga disambut antusiasme tinggi oleh masyarakat Bulukumba. Mereka rela memasang umbul-umbul serta menunggu di pinggir jalan yang akan dilalui oleh orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Salah satu tokoh masyarakat dan mantan pejabat Pemkab Bulukumba Nurdin Radja menyampaikan, semenjak Indonesia Merdeka, Bapak Joko Widodo adalah Presiden Indonesia yang pertama kali menginjakan kakinya di Kabupaten Bulukumba.

Baca Juga: Bulukumba Target Kabupaten Layak Anak Naik Level di 2024

“Saya yakin orang yang meyakinkan pak Jokowi perlunya dilihat Kabupaten Bulukumba adalah pak Amran Sulaiman Menteri Pertanian dan Andi Utta Bupati Bulukumba,” ungkapnya.

Nurdin Radja mengajak untuk mendoakan semoga kedatangan dan bermalamnya Jokowi di Kawasan Wisata Bira, akan semakin meyakinkan Kawasan Wisata Bira Bulukumba dan Kabupaten Kepulauan Selayar sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

Diketahui Presiden Jokowi rencana esok harinya, Jumat 5 Juli 2024 akan berkunjung ke beberapa titik yaitu Pasar Cekkeng, untuk memantau langsung aktivitas jual beli serta membagikan bantuan modal usaha dan bantuan langsung tunai kepada sejumlah warga penerima.

Setelah dari Pasar Cekkeng, Presiden Jokowi akan mendatangi RSUD H. Andi Sultan Daeng Radja, di mana ia akan memantau langsung pelayanan pasien BPJS dan fasilitas kesehatan di RSUD tersebut. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button