NewsSulsel

Wabup Samuel Pongi Paparkan Implementasi SAKIP Kabupaten Sigi ke Kemenpanrb

SIGI, NEWSURBAN.ID – Wakil Bupati Sigi, DR. Samuel Yansen Pongi, S.E., M.Si yang di dampingi Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Drs. Sutopo Sapto Condro, MM serta beberapa Kepala OPD Pemerintah Kabupaten Sigi melakukan pemaparan mengenai Evaluasi Implementasi Sistem Akuntabilitasi Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) Kabupaten Sigi di hadapan Asisten Deputi dan tim Evaluator Kemenpanrb yang bertempat di JS Luwansa Hotel and Convention Center Jakarta.

Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi Pemerintah Daerah. Melalui implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah atau SAKIP, seperti Kabupaten Sigi.

“SAKIP adalah rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat, dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran,. Pengumpulan data, pengklasiikasian, pengikhtisaran, dan pelaporan kinerja pada instansi Pemerintah,. Dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi Pemerintah. Setiap pimpinan Instansi Pemerintah perlu melakukan evaluasi AKIP di Instansinya masing-masing setiap tahun,” tutur Wabup Sigi.

Baca Juga:Β Pacu Produksi Pertanian, Wabup Sigi Canangkan Gerakan Tanam Padi di Lahan Terdampak Gempa Bumi 2018

Dalam kesempatan ini, Wabup Samuel Pongi juga menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sigi sudah melakukan perbaikan pohon kinerja. Yang tujuannya agar lebih terarah fokus pada hasil yang benar-benar di rasakan masyarakat dengan meningkatkan 10 program strategis Bupati.

“Efek dari perbaikan pohon kinerja itu sudah di lakukan revisi perjanjian kinerja Bupati sampai perjanjian kinerja perangkat daerah,” ungkapnya.

Pemkab Sigi lanjut dia, juga sudah menyusun Laporan Kinerja Tahunan (LAKIP). Dan sudah melakukan perbaikan kinerja dari permasalahan yang dihadapi selama pelaksanaan program kegiatan. Seperti memperbaiki proses pelayanan, sarana dan prasarana serta lebih menfokuskan arah kinerja ke program strategis Bupati. Salah satunya penanggulangan kemiskinan daerah dan penanganan stunting.

Baca Juga:Β Wabup Sigi Bersama Legislator Senayan Matindas Janusanti Hadiri Baksos Operasi Katarak di RSUD Torabelo

Pemkab Sigi di masa Kepemimpinan Bupati Mohamad Irwan dan Wabup Samuel Pongi sangat berkomitmen untuk menuntaskan kemiskinan. Dan membangun infrastruktur daerah. Hal ini merupakan upaya dalam mewujudkan Kabupaten Sigi yang Maju, Berdaya Saing Berbasis Agribisnis. (ysw/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button