NewsSulsel

Sidang Penetapan Cagar Budaya Bone, Alimuddin: Warisan Leluhur Harus Dijaga Baik

BONE, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, mengadakan Sidang Penetapan Cagar Budaya tahun 2024, di Eden Sky Lounge Helios Hotel dan Convention Watampone.

Sidang Penetapan Cagar Budaya Kabupaten Bone ini,dibuka secara resmi oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Bone, Bapak Drs. H. Alimuddin Massappa, yang mewakili Penjabat Bupati Bone.

Sidang ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam melestarikan dan melindungi warisan budaya di wilayah Bone.

Baca Juga: Maksimalkan Pelantikan, DPC Apdesi Bone Targetkan 700 Tamu Undangan

Alimuddin Massappa saat membuka kegiatan, menekankan pentingnya pelestarian cagar budaya sebagai warisan leluhur yang tidak ternilai harganya.

Karena itu, ia menekankan untuk menjaga cagar budaya memiliki peran penting dalam membentuk identitas dan kebanggaan masyarakat Bone.

“Oleh karena itu, upaya pelestarian ini harus menjadi tanggung jawab bersama antara pemerintah, masyarakat, dan akademisi,” ungkapnya Rabu (7/8/2024).

Baca Juga: Jelang Pilkada Bone Bawaslu Ingatkan KPU Potensi Pelanggaran dan Sengketa Hasil Pemilihan

Alimuddin juga menyoroti bahwa pelestarian cagar budaya dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap pembangunan ekonomi daerah. Misalnya, dengan memanfaatkan cagar budaya sebagai daya tarik wisata, sektor pariwisata dapat berkembang lebih pesat. Dengan begitu, pada gilirannya akan meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Saya menggarisbawahi pentingnya meningkatkan kesadaran dan pendidikan tentang cagar budaya, khususnya di kalangan generasi muda. Saya mengharapkan generasi mendatang dapat lebih menghargai dan menjaga warisan budaya yang dimiliki Kabupaten Bone,” harap Alimuddin Massappa.

Baca Juga: Tingkatkan Kualitas Pengawas, Bawaslu Bone Gelar Pelatihan Pengawasan Pilkada Serentak 2024

Hadir dalam acara ini Tim Ahli Cagar Budaya Kabupaten Bone, yang diketuai oleh Prof. Muchlis Hadrawi, bersama anggota Dr. Supriadi, MA., Andi Ahmar, Andi Oddang, dan Andi Irfandi Patawari selaku sekretaris. Mereka berperan penting dalam memberikan rekomendasi dan kajian akademis terhadap penetapan cagar budaya di Kabupaten Bone.

Sidang Penetapan Cagar Budaya Kabupaten Bone tahun 2024 di harapkan dapat memperkuat komitmen pemerintah dan masyarakat dalam melestarikan warisan budaya. Sekaligus meningkatkan kesadaran akan pentingnya cagar budaya sebagai aset berharga bagi generasi mendatang. (far/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button