NewsPemilu 2024Politik

KPU Buka Pendaftaran Calon Kepala Daerah, Bawaslu Bone Perketat Pengawasan

BONE, NEWSURBAN.ID – Setelah KPU resmi mengeluarkan tahapan pengumuman pendaftaran para calon kepala daerah, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bone Sulawesi Selatan segera akan melakukan pengawasan.

Berdasarkan hasil pengawasan melekat yang-dilakukan Timfas Bawaslu Bone, hingga hari ini ( 26/08/2024 ), KPU Bone telah menjalankan tugas dan fungsinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku sebagai penyelenggara teknis Pemilihan.

KPU Bone telah mengumumkan pendaftaran pasangan calon pada hari Sabtu, tanggal 24 Agustus 2024 dengan nomor 509/PL.02.2-Pu/7308/2024 tentang Pendaftaran Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Bone Tahun 2024 yang telah-diumumkan melalui website KPU Bone, media massa, dan media sosial KPU Bone serta menyiapkan Layanan Informasi Help Desk bagi masyarakat dan pihak yang berkepentingan.

Baca Juga: Terima B1-KWK Gerindra, Andi Asman dan Andi Akmal Mantap Maju di Pilkada Bone

Pengawasan melekat selanjutnya setelah pengumuman pendaftaran pasangan calon yaitu permintaan admin ( Silonkada ) Sistem Informasi Pencalonan Kepala Daerah dan persiapan pendaftaran pasangan calon oleh KPU Bone agar berjalan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Ya hari ini Timfas Bawaslu Bone dalam hal ini saya sebagai Penanggungjawab Tim Fasilitasi Pengawasan, Koordiv. Penanganan Pelanggaran, Data dan Informasi Nur Alim serta jajaran sekretariat pengawas mendatangi help desk KPU Bone,” ungkapnya Selasa 27/8/2024.

Baca Juga: PKB Resmi Usung Andi Islamuddin dan Andi Irwandi Natsir Bertarung di Pilkada Bone 2024

Hal ini untuk terus melakukan pengawasan melekat dan berkoordinasi mengenai kesiapan teknis dan administrasi penerimaan pengajuan akun Silonkada. Dan petugas penghubung parpol pengusung pasangan calon bupati dan wakil bupati bone agar berjalan sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

“Ini menjadi kewajiban bagi Bawaslu untuk melakukan pengawasan tahapan pencalonan kepala daerah. Kami telah menyusun indicator dan objek pengawasan penuh hal yang penting. Untuk di pastikan telah di laksanakan oleh KPU,” kata Rohzali.

Meski pendaftaran cakada telah di buka. Namun, Hingga pukul 19. 00 WITA, baru satu Parpol dan atau Gabungan Parpol yang data mengajukan permohonan pengajuan akun silonkada ke KPU Bone. (far/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button