NewsSulteng

Jalan Tsunami Kota Palu Rusak Berat Akibat Tambang Galian C

#Sekkot Palu Irmayanti Melakukan Peninjauan Langsung ke Lokasi

PALU, NEWSURBAN.ID – Mewakili Wali Kota, Sekretaris Daerah Kota (Sekkot) Palu Irmayanti, meninjau langsung jalan Tsunami yang rusak berat akibat tambang galian C di Watusampu, Kecamatan Ulujadi, Kota Palu. Ia juga meninjau pemukiman warga yang tergenang air akibat aktivitas tambang yang sama.

Kunjungan Sekda didampingi sejumlah kepala OPD dan pejabat terkait serta camat Ulujadi dan lurah Watusampu dilaksanakan pada Senin, (2/9/2024) siang.

Di kesempatan tersebut, Sekda Kota Palu selain melihat kerusakan jalan juga menanyakan langsung ke warga perihal kejadian tersebut. Setelahnya melihat langsung aktivitas galian C dari perusahaan PT. Utama Sirtu Abadi yang kebetulan lokasi kegiatannya berdekatan dengan lokasi pemukiman dan jalan.

Baca Juga: Wakili Wali Kota, Sekkot Irmayanti Buka Konferensi Kerja K-2 PGRI Kota Palu

Sekda Kota Palu meminta kepada pihak perusahaan agar proaktif menyikapi hal ini. Sebagai bagian dari tanggungjawab akibat dari proses aktivitas galian C. Sehingga saat terjadi hujan deras sangat berdampak bagi pemukiman warga dan merusak jalan.

Atas hal tersebut, penanggungjawab perusahaan Ko Matius berjanji bertanggungjawab atas dampak dari kerusakan tersebut. Dan berkomitmen untuk secepatnya membenahi. Hak warga juga tetap menjadi prioritas diperhatikan.

Menurut Matius sejak kejadian kerusakan yang berdampak kepada lingkungan warga, pihaknya langsung bergerak cepat menanganinya. Dan hal tersebut juga sudah di koordinasikan dengan pihak terkait. Dalam hal ini pihak kecamatan dan kelurahan bersama warga yang berdampak.

Baca Juga: Apresiasi Inovasi Award Masyarakat dan Perangkat Daerah Se-Kota Palu, Begini Pesan Wali Kota

Di kesempatan tersebut, Sekda bersama rombongan juga berkesempatan meninjau alur air dari wilayah pegunungan Watusampu. Dan dari lokasi galian C yang di kelola sejumlah perusahaan.

Sekda mengingatkan kepada sejumlah pengelola usaha galian C agar lebih memperhatikan lingkungan dan dampak dari aktivitas galian C terhadap lingkungan di sekitarnya. Dia juga minta agar pemilik tambang memberi tanggungjawab sosial lainnya kepada masyarakat dan lingkungan sekitar pada lokasi galian C. (ysw/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button