MetroNews

Danny Pomanto Dukung Pembentukan Griya Abhipraya Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto memberikan dukungan penuh atas rencana pembentukan Rumah Singgah Griya Abhipraya oleh Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar.

“Program seperti ini tentu kami dukung, ini luar biasa,” kata Danny Pomanto di sela-sela audiensi bersama Kepala Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar Surianto di Kantor Balai Kota, Rabu (18/9/2024).

Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) menargetkan seluruh Balai Pemasyarakatan di Indonesia untuk mendirikan Griya Abhipraya di Lembaga Pemasyarakatan pada 2024.

Baca Juga: Bersama Pengurus Muhammadiyah, Danny Pomanto Salat Ashar Berjemaah di Pusat Dakwah Muhammadiyah Makassar

Sementara, Kepala Balai Pemasyarakatan Kelas I Makassar Surianto menyampaikan kunjungannya ini salam rangka silaturahmi pasca dia menjabat 5 September lalu.

Surianto resmi menggantikan Sopiana yang di pindah tugaskan ke Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Sopiana menjabat selama 1 tahun 10 bulan.

Kunjungan ini juga sekaligus meminta dukungan Pemkot Makassar terkait rencana pendirian Griya Abhipraya adalah rumah singgah yang berfungsi sebagai wadah untuk membantu mantan narapidana dalam proses reintegrasi sosial.

Baca Juga: Danny Pomanto Ajak Siswa dan Siswi Yayasan Laniang Teladani Rasulullah di Momen Maulid Nabi

“Jadi konsepnya itu seperti rumah singgah tapi di peruntukkan bagi mantan narapidana. Nanti akan ada pidana-pidana alternatif berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2023,” ungkap Surianto.

Katanya, Griya Abhipraya Balai Pemasayarakatan ke depan di harapkan dapat membantu mantan narapidana atau klien permasyarakatan untuk memperbaiki diri dan menjadi warga negara yang bertanggung jawab, serta dapat berkontribusi dalam pembangunan daerah.

“Di dalam Abhipraya nanti akan ada dua program. Pertama kepribadian dan kedua adalah kemandirian skill sehingga di butuhkan sinergitasnya dengan pemerintah kota,” tuturnya.

Iabberharap agar Rumah Singgah Griya Abhipraya Balai Permasyarakatan Kelas I Makassar dapat di resmikan Oktober 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan bulan depan bisa di resmikan Griya Abhipraya ini,” tutup Surianto penuh harapan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button