EkonomiNewsSulteng

Bersama BI Perwakilan Sulteng, TPID Kota Palu Luncurkan Palu Mandiri Tangguh Pangan

PALU, NEWSURBAN.ID – Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Palu bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) luncurkan program “Palu Mandiri dan Tangguh Pangan”, pada Jumat, 27 September 2024.

Peluncuran program Palu Mandiri Tangguh Pangan ini, sebagai upaya stabilisasi stok dan harga komoditas pangan dalam rangka pengendalian inflasi di Kota Palu.

Peluncuran ini,dilakukan dalam rangkaian kegiatan Hari Ulang Tahun Kota Palu ke-46, di Panggung Utama Acara, di Lapangan Vatulemo, Kota Palu.

Baca Juga: Pemkot Palu Gelar Tabur Bunga Mengenang Tragedi Bencana Gempa Bumi Tsunami dan Likuifaksi 28 September 2018

Seremoni peluncuran program ini,dilakukan oleh Plh. Wali Kota Palu Irmayanti bersama Deputi Kepala Perwakilan BI Sulteng, Angsoka Yorintha Paundralingga. Acara peluncuran-disaksikan oleh sejumlah pejabat dari Forkopimda Kota Palu serta dari sejumlah instansi terkait.

Acara di tandai dengan prosesi penyiraman air pada pohon cabai. Prosesi ini, sebagai symbol semangat untuk terus meningkatkan hasil produksi pertanian di Kota Palu. Dengan tujuan stabilisasi pasokan dan harga guna mengendalikan angka inflasi di Kota Palu.

Selain itu, di lakukan penyerahan bibit cabai kepada sejumlah pejabat dari instansi terkait. Penyrahan ini, sebagai simbol sinergi antar Lembaga dalam menyukseskan program Palu Mandiri Tangguh Pangan dan pengendalian inflasi di Kota Palu.

Baca Juga: Plh Wali Kota Palu Irmayanti Hadiri Acara Palu Bersyukur dalam Ibadah KKR

Adapun Program Palu Mandiri Tangguh Pangan merupakan program unggulan dari TPID Kota Palu. Program ini, mulai-dilaksanakan pada tahun 2024 dan melibatkan berbagai pihak di dalamnya. Mulai dari Bank Indonesia serta sejumlah instansi terkait yang mengintegrasikan berbagai program dari sisi hulu hingga hilir.

Sejumlah sub program yang termasuk di dalamnya. Antara lain, Peningkatan Produksi Komoditas Pangan terutama volatile food seperti cabai rawit dan tomat. Juga, inisiasi pengangkutan hasil produksi pangan. Serta optimalisasi program pasar murah baik statis maupun bergerak di Kota Palu.

Selain luncurkan program unggulan, dalam acara HUT tersebut TPID Kota Palu juga berpartisipasi dalam booth pameran. Pameran ini, memamerkan produk dan inovasi unggulan. Antara lain teknologi terapan penanaman cabai dan inovasi hilirisasi produk cabai rawit. (ysw/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button