Dapat Dukungan Raja Gowa dan Warga Barru, Elektabilitas Andalan Hati di Pilgub Sulit Terkejar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Dalam survei terbaru yang dirilis oleh lembaga survei nasional Indikator, pasangan calon (paslon) Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) memimpin dengan elektabilitas yang signifikan, mencapai 63,1 persen.

Survei yang dilakukan pada 26 September hingga 3 Oktober 2024 ini menunjukkan pasangan tersebut unggul jauh dari pesaing terdekat mereka, Danny Pomanto-Azhar Arsyad, yang hanya memperoleh 17,9 persen dukungan.

Dengan sisa waktu pemilihan yang hanya sebulan lagi, pasangan Andalan Hati tampak sulit terkejar.

Dukungan dari Raja Gowa dan Warga Barru

Di tengah tingginya hasil survei, Andi Sudirman Sulaiman rutin melakukan kunjungan silaturahmi, untuk memperkuat basis di daerah.

Baru-baru ini di Kabupaten Barru, pada 10 Oktober 2024, kehadiran Andi Sudirman di sambut antusias oleh ribuan masyarakat. Masyarakat, meneriakkan dukungan dengan mengangkat dua jari, simbol pasangan nomor urut 02 ini.

Dalam kunjungannya, Andi Sudirman juga meresmikan Posko Laskar Andalan Barru, yang di hadiri berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda.

Maskur Sulaiman, Ketua Laskar Andalan, mengungkapkan bahwa selama Andi Sudirman menjabat sebagai Gubernur, tidak ada diskriminasi dalam pembangunan di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

Baca Juga: Survei Indikator untuk Pilgub Sulsel: Elektabilitas Sudirman-Fatma Sulit Terkejar Danny-Azhar

Capaian ini menjadi alasan utama dukungan yang terus mengalir untuk Andi Sudirman dan Fatmawati Rusdi dalam Pilgub Sulsel 2024.

Tokoh masyarakat Barru, Sukri Sulaeman, menyatakan bahwa Sulsel membutuhkan pemimpin seperti Andi Sudirman, yang-dinilai mampu membawa perubahan dan pembangunan signifikan di berbagai sektor.

Pada hari yang sama, Andi Sudirman Sulaiman juga melakukan kunjungan silaturahmi ke kediaman Raja Gowa XXXVIII, Andi Kumala Andi Idjo Daeng Sila Karaengta Lembang Parang, Sultan Malikussaid II Batara Gowa III, di Kabupaten Gowa.

Pertemuan tersebut-dihadiri oleh para lembaga adat Kerajaan Gowa. Dalam kunjungan ini, Andi Sudirman menerima petuah-petuah penting yang-diyakini akan menjadi panduan dalam memajukan Sulawesi Selatan ke depannya.

Kunjungan ini memperkuat citra Andi Sudirman sebagai sosok yang menjunjung tinggi nilai-nilai budaya dan tradisi lokal. Yang menjadi salah satu faktor penting dalam membangun kepercayaan masyarakat di Sulawesi Selatan.

Andalan Hati Sulit Terkejar

Pengamat Politik Unhas, Prof. Armin Arsyad, menilai hasil survei Indikator sudah menggambarkan kecenderungan pemilih yang stabil. Dengan perbedaan suara yang cukup jauh, Prof. Armin menyatakan bahwa pasangan Andalan Hati sulit untuk dikejar.

Ia bahkan memprediksi bahwa elektabilitas Andi Sudirman-Fatma dapat mencapai 70 persen atau lebih menjelang hari pemilihan.


Armin menambahkan bahwa dukungan yang kuat. Untuk pasangan ini juga di dorong oleh kerja nyata tim pemenangan yang solid di lapangan. Serta dukungan dari berbagai tim pemenangan kandidat presiden yang bergabung untuk mendukung pasangan Andalan Hati.

Dengan dukungan masyarakat yang besar di berbagai daerah seperti Barru dan Gowa. Serta hasil survei yang memihak, Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi tampaknya memiliki peluang besar. Untuk kembali memimpin Sulawesi Selatan pada periode mendatang. (*)

Exit mobile version