News

Sekretariat DPRD Luwu Timur Tingkatkan Tata Kelola Arsip

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Sekretariat DPRD Kabupaten Luwu Timur (Lutim), melakukan pembenahan internal guna meningkatkan kualitas tata kelola kelembagaan.

Salah satu langkah konkret yang di ambil adalah melalui peningkatan sistem pengelolaan arsip.

Kegiatan penataan arsip ini berlangsung pada Rabu (02/07/2025) di Kantor Sekretariat DPRD, dengan pendampingan teknis dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Luwu Timur.

Fokus utama kegiatan adalah penataan arsip dinamis dan arsip statis, agar pengelolaan dokumen berjalan lebih sistematis, efisien. Serta mendukung prinsip keterbukaan informasi publik.

Baca juga: Sekda Bahri Suli Hadiri Rapat Paripurna DPRD Lutim Pandangan Umum Fraksi-Fraksi

Sejumlah pejabat dan staf Sekretariat DPRD turut ambil bagian secara aktif dalam kegiatan ini, yang sekaligus menjadi bagian dari penguatan budaya kerja yang akuntabel dan terdokumentasi dengan baik.

Ketut Ari Handayani dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menyampaikan bahwa kegiatan ini mencerminkan keseriusan Sekretariat DPRD dalam menerapkan tata kelola kearsipan yang profesional.

“Penataan arsip bukan hanya soal kerapian, tetapi juga berkaitan langsung dengan akuntabilitas dan efisiensi lembaga. Dengan kehadiran arsiparis baru di DPRD, kami optimis pengelolaan arsip bisa naik kelas, bahkan menuju kategori A,” ujar Ketut.

Baca juga: Siddiq Resmi Diberhentikan jadi Wakil Ketua I DPRD Lutim

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kabupaten Luwu Timur, Aswan Azis, mengapresiasi antusiasme para staf dalam kegiatan tersebut dan menegaskan pentingnya sinergi lintas unit kerja dalam mewujudkan tata kelola administrasi yang modern.

“Pengelolaan arsip harus menjadi bagian dari budaya kerja kita. Kehadiran arsiparis memberi warna baru, dan kami berharap kegiatan ini terus berlanjut untuk menciptakan sistem dokumentasi yang efektif dan transparan,” ungkap Aswan.

Langkah ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Sekretariat DPRD untuk memperkuat sistem manajemen informasi dan meningkatkan kualitas pelayanan publik. Melalui dokumentasi yang tertib dan terpercaya. (***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button