NewsSulsel

Gandeng Dinas PMD Gelar Pelatihan Membatik, PKK Gowa Komitmen Tingkatkan Keterampilan Kader

GOWA, NEWSURBAN.ID Komitmen Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa dalam membina para pengurus dan kader terus dilakukan melalui berbagai program kerja. Salah satunya pada kegiatan pelatihan membatik Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa Tahun 2023.

Pelatihan ini bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa yang berlangsung di Hotel Grand Imawan, Makassar, Selasa (1/8).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muhammad Basir menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan tujuan dari program PKK melalui Pokja III yaitu peningkatan pengetahuan keterampilan menciptakan lapangan kerja melalui usaha sandang termasuk batik.

Baca Juga : Mahasiswa KKN Unhas Kelolah Sampah Plastik di Kecamatan Tanete Riattang Barat

“Ini tentu untuk mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat PKK desa dan kelurahan melalui binaan PKK Kabupaten Gowa,” kata Muhammad Basir saat membuka langsung pelatihan membatik TP PKK Gowa
Tahun 2023.

Melalui pelatihan ini akan diberikan pelatihan shibori dan pelatihan ecoprint. Pelatihan keterampilan pembuatan batik ecoprint ini dalam pelaksanaannya para peserta diberikan praktek keterampilan untuk membuat batik ecoprint yaitu teknik membuat pola pada kain yang terbuat dari bahan serat alam diantaranya katun dengan menggunakan motif pewarna dan pewarna dari alam seperti daun dan bunga.

“Olehnya itu saya berharap dalam pelatihan membatik ini sebagai upaya mendorong kemandirian ekonomi warga lewat kreativitas para ibu rumah tangga dan ibu-ibu PKK dengan memproduksi kain batik celup maupun batik tulisan tangan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja III Lia Rahmansyah menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan dan melestarikan warisan budaya Indonesia terutama batik.

“Selain itu meningkatkan pengetahuan keterampilan dan kemampuan membatik Tim para Tim Penggerak PKK Kabupaten dan penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Baca Juga : Sekda Gowa Buka Pelatihan Pemantapan Paskibraka Kabupaten Gowa

Lia Rahmansyah berharap dalam kegiatan pelatihan ini dapat dilakukan secara sungguh-sungguh dan mampu meningkatkan dan mengembangkan keterampilan di bidang membatik sehingga tercipta batik khas atau batik hasil kreativitas masing-masing peserta.

“Saya berharap kepada seluruh ibu-ibu yang hadir pada hari ini untuk dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh hingga tanggal 3 mendatang dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini nantinya dapat menghasilkan karya-karya baru bagi kita tim penggerak PKK Kabupaten dan juga Kecamatan,” tuturnya.

Adapun para pelatih yakni Desma Yuliati dan juga Drs Abidin B yang mana keduanya merupakan Guru SMK Negeri 3 Gowa. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 1 hingga 3 Agustus 2023 mendatang di Gedung PKK Kabupaten Gowa. (#)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button