MetroNews

Fotografer Andi Fauzan Melalui Foto Menggugah Kepedulian Masyarakat Terhadap Sampah

# Dipamerkan di Event F8 Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Foto terkadang mampu bercerita lebih jujur daripada rangkaian kata indah. Mengabadikan berbagai moment melalui foto menjadi hobby dan profesi bagi beberapa orang. Terkait dengan itu, Fotografer Andi Fauzan melalui foto karyanya menggugah kepedulian masyarakat terhadap sampah.

Mahasiswa Universitas Hasanuddin itu telah menekuni dunia fotografi sejak tahun 2019. Ia memilih foto menggugah kepedulian masyarakat terhadap sampah sebagai cara mengungkapkan keresahan hatinya.

Beberapa karyanya, dia pamerkan dalam event Makassar Internasional Eight Festival dan Forum. Tema pamerannya, #buangsembarangan.  Dia harapkan mampu menggugah kepedulian masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga: Dua Film Karya Anak Makassar Pukau Pengunjung di Hari Ketiga Makassar F8

Event F8, menjadi event terbaik menurut Andi Fauzan untuk berekskpresi. Mengungkapkan keresahan akan masa depan jika masyarakat tidak menyadari akan efek dari membuang sampah sembarangan.

“Banyak orang yang menyepelekan sampah. Sehingga tanpa perasaan bersalah membuang sampah sembarangan, yang beresiko pada lingkungan. Dan kengerian di masa akan datang ketika generasi penerus kita akan-dikelilingi oleh sampah,” lanjutnya, Sabtu (26/08/2023).

Bukan hanya sebatas foto, pameran yang-ditampilkan dipadukan dengan teknik lukis kriya di sebuah drum, sehingga melalui berbagai foto terangkai sebagai sebuah cerita.

Baca Juga: Live Painting F8 Makassar, Tumbuhkan Kecintaan Masyarakat Akan Seni

“Meski pengambilan gambar di waktu dan tempat berbeda. Namun memiliki alur cerita tentang bagaimana kebiasaan membuang sampah sembarangan dapat menjadi ancaman mengerikan bagi lingkungan,” tuturnya.

Untuk itu, dalam event F8 kali ini, Andi Fauzan ingin mengajak seluruh pengunjung untuk lebih peduli. Karena tanpa partisipasi aktif dari masyarakat, sehebat apapun program dari pemerintah dalam penanganan sampah, tidak akan mungkin terselesaikan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button