News

Gaji Karyawan Masih di Bawah UMK, Pemuda Lutim Pertanyakan Kinerja Disnakertrans

LUWU TIMUR, NEWSURBAN.ID — Pemuda Luwu Timur (Lutim) mempertanyakan kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Luwu Timur. Pernyataan itu datang di ketua Komite Nasional pemuda Indonesia (KNPI) Kecamatan Nuha, Irzyad Abdullah.

Menurutnya, sejumlah kontraktor lokal yang mengeluhkan menerima gaji di bawah ketetapan UMK dan selalu diberikan penjelasan bahwa gajinya akan di pemilik modal berutang pada karyawan kecil (Rapel).

“Saya melihat dan mendengar keluhan itu dari teman-teman kontraktor lokal. Khususnya PT MGM dan PT MHJ di wilayah Central Maintenance PT Vale Indonesia,” ungkap Irzyad Abdullah, 22 Maret 2023.

Sebelumnya, kata Irzyad, Gubernur Sulsel Andi Sudirman telah menaikan Upah Minimum Provinsi (UMP) di tahun 2023 merupakan upah tertinggi sepanjang adanya penetapan UMP di Provinsi Sulawesi Selatan.

Kenaikan UMP Sulsel itu, tertuang dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permenaker) Nomor 18 Tahun 2022 tentang Pengupahan. Hal ini UMK Luwu Timur di tahun 2023 mengalami kenaikan sebesar Rp200 ribu, dibandingkan tahun 2022. Sehingga total besaran UMK Kabupaten Luwu Timur 2023 adalah Rp3.431.131 perbulan.

Baca juga: Karyawan Lokal Sebut Omongan Bupati Morut Soal Perlakuan TKA Cina di GNI Beda Fakta

“Namun kenyataannya, sampai hari ini masih ada beberapa kontraktor yang menggaji karyawan di bawah UMK yang sudah ditetapkan. Dan hal ini sudah jelas bertentangan dengan SK yang keluarkan Gubernur Sulawesi Selatan Nomor 2487/XIT/tahun 2022,” terangnya.

Semua kontraktor di Luwu Timur, hanya beralasan bahwa belum ada kontrak Variasi dari pihak management PT. Vale. Olehnya itu, Irzyad meminta perhatian Disnakertrans Lutim untuk mendesak Board Of Direction PT Vale Indonesia untuk mengaudit.

Baca juga: UMP Sulsel 2022 Tetap, Namun Lebih Tinggi 3,6 Persen dari Batas Atas Upah Minimum

“Semua management yang bersentuhan langsung dengan kontrak Variasi yang-disinyalir menjadi akar permasalahan dan sangat merugikan karyawan khususnya karyawan kontraktor,” ujar Ketua KNPI Nuha ini.

Di konfirmasi Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Luwu Timur, Kamal Rasyid, melalui Whatsapp, 22 Maret 2023 tidak memberikan respon sama sekali sehingga berita ini di muat (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button