NewsSulsel

Dekranasda Sulsel Siap Meriahkan Event Kriyanusa 2023, 3 Produk UMKM ini Bakal Ikut Awards

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) siap untuk meriahkan event Kriyanusa 2023 ini. Hal itu di bahas saat Penjabat (Pj) Ketua TP PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Sofha Marwah Bahtiar melakukan Silaturahmi dengan Pengurus Dekranasda Sulsel di Gedung Kantor Dekranasda, Jalan Jenderal Sudirman, Kamis (7/9/2023).

Kedatangan Sofha Marwah disambut langsung oleh Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ahmadi Akil, Sekretaris Perindustrian dan Perdagangan, Adelleidah Susiane Toreh, Ketua Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Sulsel, Ainun Jariah serta pengurus dan anggota Dekranasda.

Sofha memberikan apresiasinya atas kinerja dari Pengurus Dekranasda Sulsel. Menurutnya, Dekranasda Sulsel luar biasa, dimulai dari kerajinan yang ditampilkan. Belum lagi dengan penghargaan-penghargaan yang pernah diraih selama ini.

Baca Juga: Puluhan UMKM Binaan Dekranasda Sulsel Ikuti Bimtek Peningkatan Produk

Dalam kesempatan itu, Sofha mulai membahas penyusunan program di tahun 2024. Dia juga mengapresiasi kinerja Dekranasda Sulsel selama ini. Baginya, Dekranasda Sulsel adalah tim yang kompak.

“Semoga dengan kita bersama-sama, kedepannya Dekranasda Sulsel bisa bekerja lebih bagus lagi,” harapnya.

Dalam kesempatan itu juga, Sofha melihat-lihat hasil karya UMKM binaan Dekranasda dari 24 kabupaten/kota.

Baca Juga: Kontingen Makassar Meriahkan Pawai Karnaval Expo Dekranasda Sulsel 2023 di Wajo

“Tadi saya terkesan dengan sesuatu yang mau di tampilkan nantinya pada Kriyanusa, misalnya sajadah kolaborasi Tenun Takalar dan Wajo. InsyaAllah produk ini bisa menjadi juara,” harapnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian, Ahmadi Akil menambahkan bahwa Kriyanusa akan di laksanakan untuk ke-6 kalinya tahun ini, untuk seluruh pengrajin Kriya Nusantara.

Kriyanusa merupakan pameran kerajinan berskala nasional yang di selenggarakan setiap tahun oleh Dekranasda. Tujuannya untuk melestarikan serta mengembangkan hasil produk Kriya Indonesia. Acara ini juga di rancang untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan perluasan pasar Kriya Indonesia.

“Pada event Kriayanusa nanti akan ada event penilaian Dekranasda Awards. Produk yang rencananya akan kita usung itu ada tiga. Pertama, produk kolaborasi sajadah antara Tenun Takalar dan Tenun Sutra dari Wajo. Dan ini adalah produk terbarunya kita di Sulsel,” kata Ahmadi.

Baca Juga: Dekranasda Bulukumba Kembali Ukir Prestasi di Pekan Raya Sulsel 2023

Produk kedua, lanjut Ahmadi adalah produk anyaman Takalar kolaborasi dengan kerajinan bambu dari Barru yang menghasilkan lampu hias. Dan ketiga adalah produk kolaborasi antara limbah marmer yang juga akan di jadikan lampu hias.

Tak hanya perkenalan produk, menurut Ahmadi, di Kriyanusa nanti sesuai dengan arahan dari Dekranasda pusat bahwa semua Ketua Dekranasda Provinsi ikut fashion show di malam opening.

“Dan kita sampaikan tadi kepada Ibu Sofha bahwa apakah beliau bersiap untuk mengikuti fashion show tersebut dan beliau siap,” ungkapnya.

Baca Juga: Lestarikan Kuliner Khas Wajo, Dekranasda Sulsel Gelar Lomba Nanre Sokkoreng

Dekranasda Sulsel bahkan memperlihatkan beberapa motif, ada motif toraja, motif sutera lagoshi dan seterusnya. Dan rupanya Pj Ketua TP PKK lebih tertarik dengan motif lagoshi.

“Karena katanya itu sudah menasional hampir semua orang di Indonesia sudah tahu dan asalnya dari Sulsel,” Pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button