NewsSulsel

Mobil Listrik Buatan SMKN 2 Pangkep, JIPAND Diresmikan di Upacara 78 Tahun Kemerdekaan RI

# Sangat Irit, Rp32 Ribu Sudah Bisa Tempuh 150 Km

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Momen unik di Upacara 78 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur Sulawesi Selatan, Kamis, 17 Agustus 2023. Pada kesempatan itu, untuk pertama kalinya di perkenalkan sekaligus peresmian Mobil Jeep ANDALAN (JIPAND) hasil karya dari guru dan siswa SMK Negeri 2 Pangkep.

Bahkan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman bersama Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam Santoso, Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso, Pangkoopsau II Marsma TNI AU Adi Kuntoro dan Dantamal VI Laksma TNI Ivan Gatot Prijanto menggunakan kendaraan ini sebagai mobil inspeksi pasukan.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengatakan JIPAND menggunakan mesin bertenaga listrik dengan 8.000 watt. Di bangun atau di rakit mulai April 2023 selama empar bulan lebih.

Baca Juga: Gubernur Andi Sudirman Terima Kunjungan Kepala BNNP Sulsel yang Baru

“JIPAND merupakan upaya kita dalam merealisasikan instruksi dari Presiden Joko Widodo. Untuk menggunakan mobil bertenaga listrik kepada seluruh pejabat negara beserta jajarannya,” kata Andi Sudirman.

SMKN 2 Pangkep sendiri melaksanakan kerjasama reparasi, build up, body repair, servis engine dengan beberapa perusahaan yang memiliki lisensi.

Gubernur Sulsel menjelaskan mobil JIPAND dapat di kendalikan menggunakan HP Android dengan sistem kecepatan eco, normal dan sport.

“Mobil ini sangat irit di banding yang berbahan bakar BBM. Dengan biaya Rp32 ribu dapat menempuh jarak 120 km/jam dengan jarak tempuh 150-170 km,” tutup Andi Sudirman. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button