NewsSulsel

Pemkab Bone Kebagian Satu Unit Damkar dari Pemprov Sulsel

BONE, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone kebagian satu unit Damkar dari Pemprov Sulsel. Armada itu, diserahkan Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin.

Ia menyerahkan bantuan satu unit damkar kepada Pemkab Bone yang di terima langsung oleh Pj. Bupati Bone, Andi Islamuddin, di Terminal Petta Punggawae, Kabupaten Bone, Jumat, 12 Januari 2024.

“Bantuan ini memang kebutuhan mendasar kita, termasuk alat pemadam kebakaran. Ini vital, maka apa yang bisa-dipakai daerah kami bantu. Ini kami lakukan, rupanya Pemda Bone memang minta,” kata Bahtiar.

Baca Juga: Dari Desa ke Desa Pj Gubernur Sulsel Jalan Kaki Hingga Lewati Titian Bambu

Kepala Satpol PP Sulsel, Andi Arwin, mengatakan, damkar tersebut merupakan mobil hibah dari Jepang yang-diperuntukan bagi Pemprov Sulsel. Jumlahnya untuk hibah sudah lebih 20 unit yang telah-diserahkan, termasuk ambulans.

Penyerahan ini berdasarkan kewenangan dalam urusan pemadam kebakaran yang besar ada di kabupaten dan kota. Karena yang bersentuhan langsung dengan wilayah dan masyarakat.

Baca Juga: Ringankan Beban Masyarakat, Pemprov Sulsel Gelar Gerakan Pangan Murah di 36 Titik

“Kewenangan di Sulsel, hanya sebatas pemetaan terhadap potensi bahaya kebakaran dan bencana lainnya. Sehingga lebih tepatnya memang di alokasikan ke kabupaten/kota. Inilah wujud konkrit upaya Pemerintah Sulsel dalam mewujudkan peningkatan kesiapsiagaan daerah kabupaten kota dalam menghadapi bahaya kebakaran, termasuk hutan dan lahan,” paparnya.

Pemda Bone, berdasarkan keterangan Arwin, ada beberapa daerah bisa-dicover dan damkar ini akan di tempatkan di kecamatan, di wilayah yang jauh dari pusat kota. Sehingga lebih mendekatkan pelayanan dan titik terdekat kebakaran. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button