NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Pj Gubernur Sulsel Siap Sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024

# 9 Kabupaten/Kota Telah Tandatangani NPHD

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin siap sukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024. Itu merupakan salah satu program prioritasnya sejak menduduki kursi nomor satu di lingkup Pemprov Sulsel.

Karena itu, harus dia pastikan anggaran untuk penyelenggaraannya tersedia, sesuai dengan arahan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Hal itu membuat Pj Gubernur Sulsel optimis dan siap sukseskan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024.

Sampai saat ini, Sulsel menjadi provinsi pertama di Indonesia yang melakukan penandatanganan Naskah Hibah Perjanjian Daerah (NPHD) Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Hal ini menjadi salah satu kesuksesan Pj Gubernur Bahtiar yang berhasil mengoordinasikan ketersediaan anggaran Pilgub dengan DPRD Sulsel.

Baca Juga: Danny Pomanto Dorong Penandatanganan NPHD Pemilu 2024 Secepatnya: Kita Tunggu Asistensi dan Konsultasi

Selain itu, sudah 9 (sembilan) kabupaten/kota di Sulsel yang telah melakukan penandatanganan NPHD Pilkada Serentak. Yakni Kabupaten Gowa, Maros, Bone, Lutim, Enrekang, Takalar, Bantaeng, Wajo, dan Kota Palopo.

Bahtiar yang juga merupakan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri ini menjelaskan, Pilkada Serentak akan berlangsung tahun depan. Karena itu, pemerintah kabupaten/kota harus menyiapkan anggarannya.

“Pemerintah daerah harus menyiapkan anggaran 40 persen tahun ini, dan 60 persen anggaran tahun depan. Pilkada ini bukan hal yang bisa di tunda. Karena itu, kita harus pastikan anggarannya tersedia,” kata Bahtiar, Sabtu, 14 Oktober 2023.

Baca Juga: Gowa Pertama di Sulsel Laksanakan Penandatanganan NPHD Pilkada

Ia mengapresiasi pemerintah daerah yang telah melakukan penandatanganan NPHD. Dan berharap, daerah lain segera menyusul.

“Tugas kita adalah menyukseskan pelaksanaan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 berlangsung secara luber, jurdil, lancar, aman dan damai,” terangnya. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button