NewsSulsel

Sofha Marwah Bahtiar Apresiasi Menu Pangan Lokal Berbahan Dasar Pisang Kreasi TP PKK Enrekang

ENREKANG, NEWSURBAN.ID – Pj Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar apresiasi menu pangan lokal berbahan dasar pisang, hasil kreasi TP PKK Enrekang dari berbagai kecamatan. Mulai dari nasi goreng pisang, sate pisang, sup pisang, salad pisang, hingga berbagai desert berbahan dasar pisang.

Sofha bahkan mencicipi satu per satu menu pangan lokal yang dipamerkan dalam Silaturahmi dan Monitoring Program Pj Ketua TP PKK Sekaligus Ketua Dekranasda Provinsi Sulsel di Kabupaten Enrekang, yang dipusatkan di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Enrekang, Kamis, 28 September 2023.

“Luar biasa sekali hasil kreasi ibu-ibu disini. Semuanya enak,” puji Sofha.

Baca Juga: Sofha Marwah Kagumi Keindahan Toraja

Iapun menjelaskan, saat ini Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin sedang mencanangkan Gerakan Gemar Menanam Pisang untuk ketahanan pangan. Serta gerakan menanam 10 pohon cabai di pekarangan untuk mencegah inflasi.

“Cabai menjadi salah satu penyumbang angka inflasi di Sulawesi Selatan. Karena itu saya mengajak seluruh kader PKK untuk menanam 10 pohon cabai di pekarangan masing-masing. Apalagi, Enrekang ini terkenal dengan sayur-sayurannya,” ujarnya.

“Berbagai menu berbahan dasar pisang yang disajikan juga sejalan dengan program Bapak Pj Gubernur. Saya akan laporkan, bahwa Enrekang siap mensukseskan Gerakan Gemar Menanam Pisang ini,” sambungnya.

Baca Juga: Angka Perkawinan Anak di Toraja Utara Tinggi, Sofha Marwah Minta Pengurus PKK Gencarkan Sosialisasi

Sofha juga menitipkan pesan agar pengurus PKK Enrekang ikut serta dalam pencegahan stunting dan kemiskinan ekstrem, serta pencegahan perkawinan anak.

Sementara, Bupati Enrekang, Muslimin Bando, menyampaikan, Kabupaten Enrekang terkenal sebagai penghasil sayur mayur. Selain itu, menjadi kabupaten penghasil bawang merah terbesar kelima nasional di Indonesia.

Salah satu komoditi hortikultura yang juga terkenal dari Kabupaten Enrekang adalah pisang, khususnya jenis pisang tanduk. Karena itu, TP PKK Enrekang sengaja menyajikan berbagai menu kreasi berbahan dasar pisang.

Baca Juga: Pj Gubernur Bahtiar: Budidaya Pisang Untuk Pengentasan Kemiskinan dan Ketahanan Pangan

Muslimin Bando juga menegaskan, siap mensukseskan program prioritas Pj Gubernur Sulsel, Gerakan Gemar Menanam Pisang.

Dalam acara silaturahmi ini, Ketua TP PKK Enrekang, Johra Muslim Bando, tidak bisa hadir karena sakit. Sofha pun mengajak seluruh pengurus PKK Sulsel dan Enrekang yang hadir untuk mendoakan kesembuhan Johra. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button