NewsSulsel

Gerakan Pangan Murah Kembali Digelar di Bone, Bulog Siapkan 20 Ton Beras

BONE, NEWSURBAN.ID – Gerakan Pangan Murah (GPM) dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan kembali dilaksanakan di Kabupaten Bone. Hari ini, Rabu, 27 Maret 2024, dilaksanakan di empat lokasi sekaligus. Bulog bahkan menyiapkan 20 ton beras pada GPM yang di laksanakan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulsel bekerjasama dengan Pemkab Bone, Bulog, dan para mitra penyedia.

Pj Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, melakukan peninjauan di empat lokasi pelaksanaan GPM tersebut. Lokasi pertama di Pasar Palakka, Kecamatan Tanete Riattang Barat, kemudian di Pasar Pagi Jalan Kajoalaliddong.

Di sini, harga ayam ras pedaging Rp45.000 per ekor, daging sapi murni Rp100.000 per kg, telur ayam ras Rp43.000 per rak. Sebanyak 500 ekor ayam di sediakan, telur 1.000 rak, dan daging sapi 200 kg.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Konsisten Jalankan Program Ketahanan Pangan dan Cegah Kemiskinan Ekstrem

Komoditi lainnya, beras Medium SPHP 5 kg Rp52.000, beras Kita Premium 5 kg Rp70.000, beras Lamaddukelleng 10 kg Rp140.000, minyak bantal Rp13.000, gula pasir Rp16.500 dan tepung terigu Gatot Kaca 1 kg Rp10.000.

Selanjutnya di Bajoe, Kecamatan Tanete Riattang Timur serta di sore harinya, akan di lanjutkan di Lapangan Merdeka, depan Rumah Jabatan Bupati Bone.

“Ini lebih murah, sangat membantu kami di Ramadan ini. Terima kasih untuk Pak Jokowi, Pak Gubernur dan Pak Bupati,” kata salah seorang warga, Fatmawati.

Baca Juga: FKUB Provinsi Sulsel 2024-2029 Di lantik, Forkopimda Turut Masuk sebagai Pembina

Penjabat Gubernur Bahtiar menyampaikan, GPM harus di galakkan secara terus menerus. “Harus konsisten karena harga berfluktuasi. Kalau kita konsisten, saya yakin di Sulsel akan terjaga inflasinya dan harga kebutuhan bahan pokok masyarakat di Ramadan dan jelang lebaran tetap terkendali,” jelasnya.

Sedangkan Pj Bupati Bone, Andi Islamuddin, menyatakan, masyarakat sangat antusias. Terbukti dengan banyaknya yang datang membeli kebutuhan pokok.

Adapun, Kepala Bulog Bone, Maysius Patintingan, menginformasikan, selain GPM yang di lakukan secara berkala. Masyarakat juga setiap hari dapat langsung datang ke Gudang Kantor Bulog untuk memenuhi kebutuhan pokoknya, dengan harga yang sama dengan GPM.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Ajak Masyarakat Hadiri Buka Puasa Akbar dan Nuzulul Qur’an di Kabupaten Bone

Adapun harga beras SPHP lebih murah di banding SPHP daerah lainnya karena biaya distribusi yang lebih kecil. Karena jarak lokasi GPM berdekatan dengan Gudang Bulog.

“Harga SPHP lebih murah karena harga gudang Rp9.950 per kg dan gudang kami dekat jadi biaya distribusinya lebih murah,” jelasnya.

Adapun stok beras di Bone sebanyak 3.800 ton dan menjamin ketersediaan sampai bulan Juli mendatang. (*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button