NewsSulsel

Penanganan El Nino Jadi Atensi Khusus Pemprov Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi (Sekprov) Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Muhammad Arsjad, menegaskan, penanganan El Nino merupakan atensi khusus dan urgensi dari Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Dan untuk menindaklanjuti arahan Gubernur Sulsel pada rapat koordinasi penanganan El Nino, pihaknya sudah melakukan rapat terbatas dengan menghadirkan beberapa OPD terkait, untuk segera menyusun langkah-langkah konkrit.

“Pertama dalam waktu dekat ini, Insyaallah akan segera menyampaikan surat edaran kepada pemerintah kabupaten kota terkait upaya-upaya apa yang perlu diperhatikan, dan diantisipasi dalam rangka penanganan El Nino ini,” kata Arsjad di ruang kerjanya, usai Rapat Koordinasi Penanganan Dampak El Nino, yang dipimpin langsung Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Jumat, 25 Agustus 2023.

Kemudian, Pemprov Sulsel akan segera membuat SK tanggap darurat. Ini tentu akan disesuaikan dengan aturan dan ketentuan terkait status tanggap darurat itu sendiri.

Baca Juga:.DPPPA Dalduk KB Sulsel & USAID ERAT Gelar Pelatihan Petugas Layanan untuk Cegah Perkawinan Anak

Ketiga, Pemprov Sulsel juga sudah membuat SK Tim dalam rangka pengendalian dan stabilisasi pasokan dan harga komoditas pangan. Dan tentu tidak kalah pentingnya, kegiatan penanganan El Nino tersebut akan terus melakukan koordinasi fasilitasi, dalam rangka mendukung. Dan menjabarkan apa yang menjadi kebijakan dan arahan yang sudah di sampaikan Gubernur Sulsel.

“Saya pikir ini adalah suatu atensi yang sangat luar biasa dari Bapak pimpinan kita, dan saya pikir ini merupakan hal yang sangat mendasar. Karena tidak hanya terkait konsekuensi dampak El-Nino terhadap lahan pertanian kita, tapi juga aspek-aspek lain. Dengan pelayanan dasar termasuk bagaimana penanganan kebutuhan air bersih pada masyarakat kita kedepannya,” jelas Arsjad.

Sementara itu, Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sulselbar, M. Imron Rosidi, dalam rapat koordinasi penanganan El-Nino, menyampaikan, wilayah kerjanya terdiri atas 30 kabupaten kota di Sulsel dan Sulbar. Mengenai persiapan komoditi beras untuk Kanwil Sulsel sendiri, untuk beras medium 8.723.842 ton, beras komersial medium dan premium 4.368.830 ton. Dan jumlah seluruh jenis beras 13.092.672 ton di 10 daerah se-Sulsel.

Baca Juga: Perkuat Sinergitas, Pemprov Sulsel Gelar Workshop Jurnalis di Bali

“Perum Bulog telah resmi mendapatkan penugasan penyaluran bantuan pangan beras tahap II untuk tiga bulan alokasi, Oktober sampai dengan Desember 2023,” ungkapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button