NewsSulsel

Gowa Raih PPD Terbaik Pertama Tingkat Sulsel Tahun 2024

GOWA, NEWSURBAN.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa kembali berhasil menjadi terbaik pertama Penghargaan Pembangun Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan Kategori Kabupaten.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa, Sujjadan pada pelaksanaan Musrenbang Provinsi Sulawesi Selatan di Sandeq Balroom Hotel Claro Makassar, Selasa (30/4).

“Alhamdulillah hari ini kami mewakili Bapak Bupati Gowa menerima Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan 2024 sebagai terbaik pertama Kategori Kabupaten. Sebagaimana yang kita ketahui Gowa juga berhasil mewakili Sulsel di penghargaan serupa tingkat nasional,” kata Sujjadan.

Baca Juga: Adnan Minta HIPMA Gowa Ambil Peran Dalam Pembangunan Daerah

Dirinya menyebut, dalam menyusun perencanaan pembangunan, Pemerintah Kabupaten Gowa selalu mensinkronkan dengan perencanaan yang ada di tingkat provinsi hingga nasional. Sehingga program pembangunan, indikator kinerja dan targetnya juga terkait dan mendukung tercapainya target nasional dan provinsi itu sendiri.

“Sesuai dengan petunjuk Bapak Bupati Gowa dan Wakil Bupati Gowa kita selalu menyusun perencanaan yang saling berkaitan dengan program starategis pemerintah pusat dan provinsi. Alhamdulillah penghargaan yang-diperoleh hari ini adalah cerminan dari upaya Kabupaten Gowa menghadirkan perencanaan yang lebih berkualitas dengan menerapkan kaidah THIS. Yaitu, tematik, holistik, integratif dan spasial,” sebutnya.

Atas penghargaan ini, Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengungkapkan rasa syukur dan bangganya. Menurutnya capaian ini berkat kerja keras dan kolaborasi seluruh pihak sehingga Gowa mampu mendapatkan penghargaan ini dua kali berturut-turut.

Baca Juga: Nobar Semifinal Piala Asia U-23 Di Gowa-Dipadati Ribuan Penonton

“Alhamdulillah kita dua tahun berturut-turut menjadi terbaik pertama dan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan untuk bertarung di tingkat nasional. Tentu ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa berkat kerja keras seluruh pihak, utamanya Kepala Bappeda dan seluruh jajaran,” ungkapnya.

Keberhasilan pembangunan ini kata Adnan,dibangun melalui kolaborasi seluruh elemen di daerah termasuk masyarakat sebagai kunci utama gerak pembangunan. Melalui penghargaan ini semoga dapat memotivasi para perencana di daerah untuk menyusun perencanaan yang lebih berkualitas. Juga terukur, dan inovatif yang berdampak baik terhadap kesejahteraan masyarakat.

“Semoga ini terus-dipertahankan bahkan-ditingkatkan, target kita kedepan jika tahun lalu rangking empat. Maka tahun ini semoga masuk rangking tiga dari 416 kabupaten se-Indonesia,” harapnya.

Baca Juga: Peringati Hari Kartini, TP PKK-Disdik Gowa Gelar Lomba Baca Surat Kartini

Pada Penghargaan PPD ini, Pemkab Gowa menghadirkan Inovasi Proksi Rumah Produktif sebagai upaya pemulihan perekonomian. Untuk mencetak usahawan baru dan meningkatkan kompetensi pelaku UMKM yang telah ada.

Berkat inovasi tersebut mampu menghantarkan Kabupaten Gowa menjadi terbaik pertama di Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan. Dan bertarung di tingkat nasional mewakili Provinsi Sulawesi Selatan. (nh/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button