NewsSulsel

Peringati Hari Kesadaran Nasional, Wabup Gowa Ingatkan Tanggungjawab ASN

GOWA, NEWSURBAN.ID — Hari Kesadaran Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 setiap bulannya melalui upacara bendera, menjadi momentum untuk mengingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingkup Pemkab Gowa terkait tanggungjawabnya sebagai abdi negara.

Hal ini di ungkapkan Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni saat menjadi Inpektur Upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Rabu (17/4).

“Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS). Yang menyebutkan bahwa untuk menjamin terpeliharanya tata tertib dalam kelancaran pelaksanaan tugas, ASN wajib mematuhi aturan ketentuan. Mengenai disiplin ASN guna mewujudkan ASN yang berintegritas moral, profesional dan akuntabel,” ungkapnya.

Baca Juga: Pasca Libur Idul Fitri, Bupati Adnan Cek Kehadiran ASN Pemkab Gowa

Lanjutnya, penegakan disiplin dapat mendorong ASN untuk lebih produktif berdasarkan sistem karir. Dan sistem prestasi kerja serta berintegritas adalah modal menjadi pertimbangan dalam pengembangan karir.

“Penjatuhan hukuman disiplin-dimaksudkan untuk membina ASN yang telah melakukan pelanggaran. Agar yang bersangkutan mempunyai sikap menyesal dan berusaha tidak mengulangi serta memperbaiki diri pada masa yang akan datang. Selain itu, dalam peraturan pemerintah ini juga, secara tegas-disebutkan jenis hukuman disiplin yang dapat-dijatuhkan terhadap suatu pelanggaran. Berupa jenis hukuman disiplin ringan, sedang atau berat sesuai dengan berat ringannya pelanggaran yang-dilakukan,” katanya.

Pada momentum setelah Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah ini. Saya berharap hikmah Ramadan memberikan pengaruh yang baik terhadap kedisiplinan ASN Pemerintah Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Wabup Gowa Lepas Ratusan Peserta Jalan Santai IKA SMP Muhammadiyah

“Setelah kita melaksanakan ibadah pada bulan suci Ramadan hendaknya menjadi sarana untuk evaluasi diri. Supaya kita dapat mengetahui. Apakah Ramadan membawa perubahan ke arah yang lebih baik atau sebaliknya,” ujar Karaeng Kio sapaan akrab Wabup Gowa ini.

Olehnya itu, dia berharap kepada para ASN agar selalu memegang tiga prinsip sebagai ASN. Yaitu loyal kepada pimpinan rajin dan disiplin serta bekerja sesuai dengan aturan.

“Kepada seluruh ASN saya harap dapat menerapkan tiga prinsip tersebut. Jika anda telah menerapkan prinsip itu, Insya Allah saudara-saudara sebagai ASN akan dapat melaksanakan tugas dengan baik. Dan sukses dalam karir ke depan,” harapnya.

Baca Juga: Open House Idul Fitri Pemkab Gowa Tingkatkan Silaturahmi Masyarakat dan Pemerintah

Upacara Peringatan Hari Kesadaran Nasional ini diikuti Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania, para asisten, staf ahli dan pimpinan SKPD serta jajaran ASN Lingkup Pemkab Gowa. (vh/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button