NewsSulsel

Dinas PPKB Gowa Gelar Apresiasi Duta Genre, 26 Finalis Bersaing Adu Gagasan

GOWA, NEWSURBAN.ID – Duta Genre (Generasi Berencana) Kabupaten Gowa sudah melahirkan banyak bibit unggul yang berprestasi mulai dari tingkat provinsi hingga di tingkat nasional dan untuk pertama kalinya gelar Apresiasi Duta Genre Tahun 2024 ini menjadi apresiasi duta genre terbuka pertama di Kabupaten Gowa yang menghadirkan 26 Finalis beradu bakat dan gagasannya yang berlangsung di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa. Selasa (20/2).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Gowa, Sofyan Daud mengatakan, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan berbagai akselerasi pembangunan dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi di masyarakat, salah satunya pada masalah stunting.

“Pada tahun 2021 dan 2022, prevalensi stunting Kabupaten Gowa stagnan yaitu berada pada angka 33% (persen) dan berada pada 5 besar kabupaten tertinggi angka stunting di Sulawesi Selatan sehingga Kabupaten Gowa ditetapkan sebagai salah satu kabupaten prioritas dalam percepatan penurunan stunting menuju target nasional yaitu 14 persen di tahun 2024 ini,” katanya saat gelar apresiasi Duta Genre 2024.

Baca Juga: Wabup Gowa Sebut Program TMMD Kontribusi TNI Untuk Daerah

Lanjutnya, dalam rangka percepatan penurunan stunting, Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan berbagai upaya salah satunya dengan mengoptimalkan peran dan fungsi PIK Remaja dan Duta Genre Kelurahan/Desa.

“Karena kita sadar bahwa remaja merupakan generasi harapan bangsa karena masa depan bangsa sangat ditentukan oleh peran generasi muda. Kemajuan bangsa Indonesia kedepan tergantung bagaimana cara merencanakan dan menyiapkan remaja Indonesia yang berkualitas, memiliki kecerdasan intelektual, spiritual serta emosional yang kuat,” ujarnya.

Tahun ini Pemerintah Kabupaten Gowa melakukan Apresiasi Duta Genre (Generasi Berencana) pada tahun 2024.

“Semoga acara ini dapat menginspirasi dan memberikan spirit yang baik untuk pembangunan di Kabupaten Gowa khususnya pada pembangunan Sumber Daya Manusia kita,” pungkasnya.

Baca Juga: Bupati Gowa Dampingi Pj Gubernur Sulsel Tinjau Proses Pencoblosan di TPS

Sementara, Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan keluarga, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Gowa, Sulhijrah berharap kegiatan Apresiasi Duta Genre Gowa 2024. Ini juga dapat melahirkan generasi yang mampu menjadi wakil Kabupaten Gowa. Dan menjadi pendidik serta konselor sebaya untuk mewujudkan Indonesia emas pada tahun 2045.

“Kegiatan tahun ini mengusung tema ‘Satu tuju satu tekad Genre Gowa cegah stunting’. Dari tema ini tersirat bahwa peran remaja sebagai generasi pelanjut-dibutuhkan. Untuk membantu pemerintah dalam hal ini BKKBN dan DPPKB dalam rangka penurunan prevalensi stunting. Yang di targetkan sampai pada angka 14 persen di tahun 2024 ini,” tuturnya.

Peserta kegiatan ini berasal dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Gowa yang telah-diseleksi sedemikian rupa. Mulai di bulan Januari kemarin secara langsung di 13 kecamatan dan 5 kecamatan lainnya secara virtual.

“Total peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 26 orang dan telah-dilakukan karantina selama 3 hari mulai tanggal 18-20 Februari di Balai-Diklat Pemerintah Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Baca Juga: Bupati Gowa Gunakan Hak Pilihnya di TPS Dekat Rujab, Wabup di Kampung Halaman

Dari 26 peserta, akan terpilih 8 pasang juara yamc terdiri dari juara 1 PA/PI, juara 2 PA/PI. Juara 3 PA/PI, harapan 1 PA/PI, harapan 2 PA/PI, dan juara favorit PA/PI.

Juara 1 nantinya akan mewakili Kabupaten Gowa dalam apresiasi Duta Genre Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2024.

Adapun para finalis yang berhasil meraih juara di antaranya, Kategori Putra Juara 1 diraih Kecamatan Pallangga atas nama Abrar Harsa Muin. Juara 2 Hardianto dari Kecamatan Biringbulu, Juara 3 Aidil Rifky Ramadhan dari Kecamatan Bajeng.

Sementara Juara Harapan 1 diraih Muh. Nur Khaidir dari Kecamatan Somba Opu, Juara Harapan 2 Muh. Rusdiansyah Ruslan dari Kecamatan Pallangga dan Juara Favorit, Syahri Ramadhan dari Kecamatan Bontolempangan.

Sementara itu Kategori Putri, Juara 1 di raih oleh Naila Zahira dari Bajeng Barat. Juara 2 Adela Putri Rosa dari Kecamatan Biringbulu. Dan, Juara 3 Nur Zakinah dari Kecamatan Sombaopu. Smeentara Juara Harapan 1-diraih Mustika Syaharuddin dari Somba Opu, Harapan 2 Nurul Fatihatul Hidayah dari Kecamatan Bajeng. Dan Juara Favorit diraih A. Luckyana Rafeyfa Ulfa dari Kecamatan Somba Opu. (af/*)

Baca Berita dan Artikel Lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button