MetroNewsNusantaraPariwisataSulawesi
Trending

Festival F8 Masuk Sepuluh Besar KEN 2022 Melalui Seleksi Ketat

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Makassar International Eight Festival and Forum atau Festival F8 masuk 10 besar Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif setelah vakum kurang lebih dua tahun.

Masuknya Festival F8 ini, terungkap saat peluncuran KEN 2022 oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Selasa (1/3/22).

Direktur Utama PT Festival 8 Indonesia, Wawan mengatakan terpilihnya Festival F8 sebagai top event ini tidak terlepas dari kerjasama apik dengan Pemerintah Kota Makassar. Khususnya Dinas Pariwisata Kota Makassar.

“Dukungan penuh dari pak Wali Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata ini menghantarkan F8 masuk ke Top 10 KEN. Walaupun kita Masih hanya menawarkan Konsep untuk pelaksanaan tahun ini,” ucapnya.

Tak hanya itu, ini F8 terpilih setelah melewati beberapa tahap seleksi penilaian.

Adapun kriteria penilaian tim kurator antara lain aspek kreativitas berbasis teknologi digital dan inovasi, Aspek kolaborasi berbasis potensi lokal (local wisdom) dan Pemberdayaan masyarakat (empowering), Serta aspek ketiga adalah adaptasi yang berbasis protokol CHS.

“Ada bidang media Dan komunikasi Dan manajemen kegiatan. Jadi dari 319 event kita lolos masuk 10 besar. Ini penilaian sudah berjalan dari bulan januari,” sebutnya.

Sementara, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto sangat bersyukur atas hasil yang dicapai.

Pasalnya, Danny adalah inisiator kesuksesam F8 sejak pertama kali.
Konsep ditawarkan bukan bermain di lokalan makassar saja namun memperkenalkan budaya Makassar ke seluruh Dunia.

“Alhamdulillah, kita patut bersyukur atas pencapaian ini. InsyaAllah F8 bisa kembali hadir untuk mendorong pertumbuhan ukm ukm di Kota makassar,” ujarnya.

Kata Danny, daya tarik F8 terlihat dari berbagai sisi. Pada intinya, perlu di pahami jika Makassar merupakan pilar dari pariwisata di Pulau Sulawesi dan menjadi salah satu yang terbesar di Indonesia.

Rencananya, Festival F8 akan kembali di gelar tahun 2022 ini. Rencananya, bulan September mendatang. Penyelenggara menyebut konsepnya akan jauh lebih keren dan mematuhi protokol kesehatan yang ada. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button