MetroNewsNusantaraSulsel

Jelang HUT 77 RI, Ribuan Pendaki Tiba di Puncak Gunung Bawakaraeng

# SAR Makassar Kerahkan Tim Khusus 362 Personil

GOWA, NEWSURBAN.ID — Basarnas Makassar mencatat sebanyak 1.139 pendaki telah berada di lereng hingga di puncak Gunung Bawakaraeng, sehari menjelang perayaan HUT 77 Kemerdekaan Republik Indonesia. Mereka akan melaksanakan upacara HUT 77 Kemerdekaan RI 17 Agustus.

Basarnas Makassar mencatat, saat ini sejumlah tempat di sekitar Gunung Bawakaraeng telah-dipadati para pendaki. Mereka datang dari berbagai daerah. Baik dari Makassar maupun luar Sulsel yang ingin melaksanakan Upacara 17 Agustus di puncak Gunung Bawakaraeng di ketinggian sekitar 2.845 mdpl.

“Sampai pukul 12 siang tadi, sebanyak 1.139 pendaki yang telah ada di sekitar Gunung Bawakaraeng,” kata Kepala Basarnas Makassar, Djunaidi, Selasa (16/8).

Baca Juga: Bupati Gowa Harap Kejuaraan Badminton Kapolda Sulsel Cup 2022 Lahirkan Bibit Pebulutangkis

Ribuan pendaki tersebut di antaranya berada Lembanna sebanyak 154 orang. Kemudian, Lembah Ramma sebanyak 203 orang dan Pos 5 Gunung Bawakaraeng ada 75 orang.

“Pendaki saat ini, paling banyak masih berada di puncak Gunung Bawakaraeng sekitar 707 orang. Kemungkinan para pendaki akan bergerak ke puncak pada malam hari atau menjelang upacara 17 Agustus,” jelasnya.

Mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak inginkan, Basarnas Makassar telah mengerahkan ratusan personel SAR. Yang telah menempati beberapa pos telah-ditentukan.

Baca Juga: Kukuhkan 68 Paskibraka Gowa, Adnan Harap Pengibaran Bendera Merah Putih Berjalan Sukses

“Jumlah personel yang-dilibatkan pada operasi SAR khusus ini sekitar 362 orang. Mulai dari lereng hingga ke puncak Gunung Bawakaraeng. Mereka akan menjaga para pendaki yang akan melaksanakan upacara 17 Agustus,” ungkapnya.

Djunaidi juga mengimbau masyarakat yang akan melakukan pendakian di Gunung Bawakaraeng untuk merayakan HUT kemerdekaan Republik Indonesia. Agar senantiasa membawa bekal yang cukup dan membawa perlengkapan keselamatan.

“Harus memiliki camp untuk yang ingin merayakan HUT 17 Agustus di puncak Gunung Bawakaraeng,” imbuhnya.

Baca Juga: Meriahkan HUT RI ke-77, Bupati dan Wabup Gowa Ikut Lomba Masak Nasi Goreng

Tak hanya itu. Djunaidi juga menyarankan kepada orang tua agar menjaga anaknya yang ingin mendaki di Gunung Bawakaraeng.

“Anak yang di bawah umur terutama yang belum paham tentang pendakian agar melarang anaknya untuk melakukan pendakian di atas gunung. Tentu ini sangat berbahaya bagi keselamatan anak kita,” katanya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button