MetroNewsNusantaraParlemenSulawesi
Trending

Dewan Dorong Pemuda Berperan Aktif Membangun Kota Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Anggota DPRD Kota Makassar, Hasanuddin Leo, mendorong pemuda agar menciptakan kreasi dan inovasi untuk membangun Kota Makassar.

Hal itu dia sampaikan saat menggelar sosialisasi peraturan daerah (Perda) nomor 6 tahun 2019 tentang Kepemudaan di Hotel Phinisi Travelers, Jl Lamadukelleng Buntu, Minggu (6/3/2022).

Kata dia, sosialisasi regulasi yang dilaksanakan bertujuan agar masyarakat mengetahui bahwa keberadaan pemuda memiliki payung hukum. Olehnya itu, pemerintah berkewajiban ikut berperan dalam pengembangan pemuda.

“Pemuda ini, harapan kita kedepan sebagai calon pemimpin masa depan. Oleh karena itu, pemerintah berkewajiban bagaimana pemuda berperan aktif didalam kegiatan masyarakat,” ungkap Hasanuddin Leo.

Selain itu, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini, menyebut generasi muda memiliki kekuatan moral dan berperan sebagai kontrol sosial dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan.

“Olehnya itu, saya mengajak anak muda untuk berbuat untuk bangsa ini. Khususnya, membangun kota Makassar,” tukasnya.

Anggota Komisi B DPRD Kota Makassar ini berharap, peserta sosialisasi bisa ikut membantu untuk menyebarluaskan regulasi ini. Minimal, menginformasikan ke lingkungan masing-masing.

“Kita harap juga warga bisa bantu sebarluaskan ini Perda Kepemudaan. Sehingga, pemuda di sekitar rumahnya tahu bahwa ada aturan mengenai keberadaan anak muda,” jelasnya.

Regulasi Kepemudaan

Terpisah, Narasumber Kegiatan, Azhar Anwar mengatakan, tidak semua daerah khususnya di Sulsel yang memiliki perda tentang kepemudaan. Padahal, regulasi ini menjadi acuan bagi pemerintah memberikan fasilitas ke pemuda.

“Kalau tidak salah, kurang dari lima daerah yang baru ada Perda Kepemudaannya,” ungkap Azhar Anwar.

Kata dia, perda ini menjadi penegas pemerintah untuk berbuat lebih banyak peran anak muda. Sehingga, regulasi kepemudaan menjadi penting untuk di tetapkan.

“Tugas kita itu mempersiapkan generasi muda. Masa depan ada di tangan pemuda, makanya mereka harus siap,” ucapnya.

Apalagi, kata Azhar—sapaan akrabnya, Indonesia pada tahun 2045 akan unggul secara demografi atau negara yang memiliki kaum milenial. Saat itu, bertepatan 100 tahun Indonesia.

“Indonesia emas sudah di depan mata. Kita bersyukur Kota Makassar memiliki perda tentang kepemudaan. Tinggal, bagaimana implementasinya,” jelasnya. (cr/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button