NewsNusantaraSulawesiSulteng
Trending

Bersiap Jadi Penyangga IKN, Gubernur Rusdy Harap Dukungan Kementerian LHK

PALU, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura mengharapkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) memberi dukungan untuk membangun daerahnya sebagai penyangga IKN (Ibu Kota Negara) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Rusdy Mastura menyampaikan harapannya itu, saat ramah tamah dengan Wakil Menteri LHK Dr. Alue Dohong di D’Kalora Palu, Selasa (8/3) malam. Hadir bersama Gubernur Rusdy Mastura bersama Wakil Gubernur H. Mamun Amir, Komisi IV DPRD Sulteng Dr. Alimudin Paada, dan Pj. Sekda Provinsi Sulteng Faisal Mang.

Kepada Wamen LHK dan jajarannya, Rusdy Mastura menyampaikan gagasannya untuk membangun Sulawesi Tengah sebagai daerah penyangga IKN.

“Banyak yang kita harapkan untuk mendapat dukungan Kementerian LHK. Khususnya, terkait dengan pembangunan infrastruktur dan pembangunan ruas jalan yang melewati area hutan. Kita berharap Kementerian LHK dapat memberikan izin pemanfaatannya dan juga pemanfaatan fungsi hutan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” tutur Rusdy.

Gubernur juga menyampaikan perlunya penataan penanganan pertambangan tanpa Izin yang berpotensi menimbulkan konflik di tengah tengah masyarakat. Untuk itu, ia mengusulkan izin area pertambangan rakyat.

Selain itu, Gubernur menyampaikan kadang – kadang pertambangan tanpa izin memiliki peran untuk menghalangi pertambangan yang memiliki Izin untuk operasi.

“Hal ini, harus kita tertibkan agar investasi pengelolaan potensi daerah lebih memberikan dampak besar kepada masyarakat. Dan, berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Gubernur Rusdy.

Ia juga mengharapkan dukungan LHK terhadap percepatan pembangunan Sulawesi Tengah. Terutama, peningkatan infrastruktur daerah.

Merespons keinginan Gubernur Rusdy, Wamen LHK Dr. Alue Dohong, menyampaikan, jajarannya akan memberikan dukungan terhadap percepatan pembangunan di Sulawesi Tengah. (bap/ysf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button