NewsPemilu 2024PolitikSulsel

Persiapan dan Inovasi Sulsel Jelang Pemilu dan Pilkada 2024 Dianggap Inovatif, KPU Minta Ditiru Provinsi Lain

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Bahtiar Baharuddin, menyampaikan persiapan dan inovasi Sulsel jelang Pemilu dan Pilkada 2024 saat menjamu Sekretaris Jendral (Sekjen) KPU RI, Bernard Dermawan Sutrisno dan Anggota KPU, Betty Epsilon Indroos, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Sabtu, 11 November 2023.

Hadir pula Plt Deputi Administrasi Suryadi, Kepala Biro Umum Nurwakit Ali Yusron, perwakilan KPU seluruh Indonesia, serta KPU Sulsel yang akan mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu Tahun 2024 Tahap II dan Pelatihan Data Science di Hotel Claro Makassar.

“Sangat berbangga hati atas silaturahim ini, ada Pak Sekjen KPU, ada Ibu Betty, dan KPU seluruh Indonesia bidang data dan informasi,” kata Bahtiar.

Baca Juga: Kontes Ayam Ketawa Gubernur Cup 2023, Diakui Awal Kebangkitan Ayam Khas Sulsel

Hadir mendampingi Bahtiar, Kepala Biro Pemerintahan, Kepala Biro Ekbang, Kepala-Disdukcapil dan Kepala Kesbangpol Sulsel. “Ini juga hadir Pak Iqbal, Kepala-Disdukcapil memastikan kerjasama dengan KPU harus bagus,” ujarnya.

Ia menyebutkan, saat datang ke Sulsel setelah-dilantik sebagai Penjabat Gubernur, anggaran untuk Pilkada belum ada, baik untuk anggaran tahun 2023 dan 2024.

“Setelah melakukan konsolidasi untuk 2023 telah ada dan untuk 2024 telah-disiapkan. Praktis anggaran sudah selesai,” ungkapnya.

Baca Juga: Hari Pahlawan Nasional, Pj Gubernur Sulsel dan Pangdam XIV Hasanuddin Serahkan Bantuan untuk Korban Bencana Sosial

Kemudian untuk menguatkan persatuan dan kesiapan keamanan, konsolidasi-dilakukan hingga tingkat kecamatan. Demikian juga memastikan terselesaikannya kewajiban NPHD Pilkada 2024.

“Forkopimcam, Camat, Kapolsek dan Danramil sudah kita kumpulkan, hadir KPU dan Bawaslu sebagai pembicara. Termasuk lurah dan kepala desa se-Sulsel sudah kita konsolidasikan. Begitu juga deklarasi netralitas ASN dan penyelenggara negara di Sulsel dan tingkat kabupaten dan kota,” paparnya.

Adapun inovasi yang-dibuat, yang kemungkinan belum ada di tempat lain, sebutnya, adalah menyiapkan tim siaga kesehatan.

Baca Juga: Timsel Wawancara Pendalaman Visi-Misi Calon Komisioner KPID Sulsel Periode 2023-2026

“Kami buat untuk suksesnya Pemilu dan Pilkada itu Tim Siaga Kesehatan, karena pelajaran kita 2019, banyak saudara kita yang kurang sehat bahkan ada sakit dan meninggal dunia. Tentu jika ada upaya pencegahan mungkin akan lebih baik. Sehingga petugas kami siagakan dekat TPS, akan dibekali surat tugas dan tanda tugas serta-dilaporkan ke Bawaslu,” jelasnya.

Adapun pada Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada Minggu, 12 November, akan-dilaksanakan pada Senin lusa, untuk deklarasi kesiapsiagaan kesehatan.

Sedangkan, Bernard Dermawan Sutrisno, berterima kasih atas jamuan Pj Gubernur Sulsel. “Kami-dijamu makan pagi sarapan oleh Pak Gubernur, ini momentum sangat luar biasa,” sebutnya.

Baca Juga: Pj Sekda Sulsel – Kemensetneg Teken Pinjam Pakai Tanah di TMII Jakarta

Momentum tersebut terkait penyampaian  beberapa persiapan yang telah-dilakukan untuk mendukung penyelenggaraan tahapan Pemilu.

“Sebagaimana-disampaikan Bu Betty apa yang telah-dilakukan Pj Gubernur, mungkin semacam percontohan untuk daerah lain,” katanya.

“Ini bisa-diduplikasi untuk di provinsi lain maupun kabupaten-kota lain terkait persiapan-persiapan, khususnya kesehatan tadi. Ini menjadi kebutuhan utama kita. Sulsel akan mengadakan ini,” imbuhnya.

Baca Juga: Kemendagri Jadikan Sulsel Tuan Rumah Bimtek Sistem Informasi Pemantauan Perkembangan Politik KTI

Sehingga ada kemungkinan KPU akan melakukan MoU dengan Kementerian Kesehatan sehingga-dilakukan untuk seluruh Indonesia.

Adapun Betty Epsilon menyampaikan, banyak pekerjaan rumah yang menanti KPU. Penetapan daftar calon tetap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden untuk Pilpres 2024 akan-dilakukan pada Senin, 13 November 2023. Sedangkan pengundian dan penetapan nomor urut 14 November 2023. Eskalasi politik telah-dirasakan di tingkat nasional, provinsi, kabupaten dan kota.

“Oleh karenanya tetap bekerja secara profesional dan netral,” imbuhnya.

Baca Juga: Pemprov Sulsel – PTPN XIV MoU Kerjasama Pengembangan Budidaya Pisang

Sementara itu, terkait dengan persiapan Pemilu yang-dilakukan di Sulsel, menurutnya bisa di duplikasi di tempat lain.

“Tidak pernah kebayang semua, dilakukan pertemuan Forkopimcam sampai lurah dan kepala desa sudah-dikumpulkan oleh Pak Gubernur untuk Persiapan Pemilu 2024. Berarti sangat berterima kasih ini teman-teman KPU Sulsel atas banyak hal yang sudah-dilakukan,” ujarnya.

Untuk Tim Siaga Kesehatan untuk melindungi petugas dari Badan Ad-hoc Pemilu yang terdiri dari Panitia Pemilihan Kecamatan, Panitia Pemungutan Suara, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara dan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

Baca Juga: Pemprov Kumpulkan Penyuluh Pertanian se Sulsel, Bahas Budidaya Pisang

“Saya rasa capaian-capaian ini bisa kita puji dan tiru,” katanya.

Ia menambahkan, kegiatan Rapat Koordinasi Rekapitulasi Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) Pemilu Tahun 2024 Tahap II dan Pelatihan Data Science sedianya-dilaksanakan di Bandung, Jawa Barat, namun-dipindahkan ke Makassar, Sulsel. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button