NewsSulsel
Trending

Pemkab Gowa Gandeng Kodim 1409 Remajakan Pohon Pelindung

Upaya Ciptakan Ruang Terbuka Hijau dan Libatkan WALHI Sulsel untuk Konsultasi

GOWA, NEWSURBAN.ID — Dalam rangka menciptakan ruang terbuka hijau di wilayah Kabupaten Gowa. Pemerintah setempat melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa melaksanakan penataan ruang terbuka hijau dengan melakukan peremajaan pohon pelindung atau peneduh.

Upaya ini di lakukan dengan melihat banyaknya pohon pelindung pada ruas jalan di Kabupaten Gowa yang sudah rapuh dan miring ke jalan. Sehingga dapat membahayakan pengguna jalan dan bangunan di sekitarnya. Karena itu, pekerjaan peremajaan pohon pelindung ini memerlukan penanganan cepat.

“Setiap tahun saat datangnya musim penghujan atau yang disebut cuaca ekstrem kita selalu saja was-was akan adanya pohon yang tumbang. Apalagi hampir setiap tahun ada yang tumbang dan memakan korban. Untuk itu diperlukan tindakan yang cepat dan efisien dalam melakukan peremajaan pohon,” ujar Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan pada kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan antara Pemkab. Gowa dengan Kodim 1409/Gowa tentang Kegiatan Peremajaan Pohon Peneduh di Kabupaten Gowa di Baruga Karaeng Pattingalloang, Kantor Bupati Gowa, Senin (4/4).

Baca Juga: Delapan Fraksi DPRD Gowa Setuju Bahas Ranperda Perusahaan Umum Tirta Jeneberang

Ada pun metode pelaksanaan pekerjaan peremajaan pohon pelindung ini, menurut Adnan di lakukan dengan menebang atau memangkas pohon yang sudah rapuh. Serta membahayakan, dan kemudian di lakukan penanaman pohon pengganti yang lebih kuat. Dan dapat memberi fungsi sebagai pohon pelindung pada ruas jalan.

“Kita juga sudah melakukan konsultasi dengan WALHI Sulsel terkait kegiatan ini. Dan menurut teman-teman di WALHI ini sah-sah saja asalkan pohon yang ditebang memang sudah rapuh dan membahayakan, serta ada penggantian pohon baru di titik tersebut,” tuturnya.

Dalam beberapa tahun terakhir lanjut Bupati Gowa dua periode ini, Pemkab. Gowa melalui Dinas Lingkungan Hidup telah berupaya untuk meminimalisir dampak dari cuaca ekstrim. Yang menyebabkan banyaknya pohon tumbang dengan cara melakukan pemangkasan rutin di sepanjang jalan poros di Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Bupati Gowa Serahkan LKPD Pemkab Gowa 2021 ke BPK Sulsel

Hanya saja karena jenis pohon trembesi yang tumbuh dan berada di sepanjang jalan merupakan jenis pohon dengan perakaran dangkal. Sehingga akarnya menjalar dan sangat mudah tumbang apabila terkena tiupan angin.

“Melalui kegiatan inilah kita berencana untuk mengganti sebagian pohon yang sudah rapuh. Dan membahayakan dengan jenis pohon flamboyan,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Komandan Kodim 1409/Gowa, Letkol Inf. Prasetyo Ari Wibowo menyampaikan rasa terima kasih atas inisiasi kolaborasi yang di lakukan Pemkab Gowa dengan Kodim 1409/Gowa. Terkait program swakelola peremajaan pohon.

Baca Juga: Gowa Raih Penghargaan Akselarasi Capaian Kinerja Pembangunan di Musrenbang RKPD Provinsi Sulsel

“Kami bekerjasama dengan Pemda bukan hanya kali ini, di tahun-tahun sebelumnya juga banyak kerjasama yang kita lakukan. Baik itu kegiatan TMMD yang di laksanakan tahun lalu, ataupun program yang sifatnya hibah terhadap sarana prasarana yang ada di wilayah Kodim 1409/Gowa,” terangnya.

Ada pun untuk ruas jalan yang di lakukan penebangan atau pemangkasan, serta penanaman pohon kembali. Di mulai dari Jalan Poros Sultan Hasanuddin, Kecamatan Somba Opu, Jalan Poros Pallangga, Jalan Poros Bajeng. Hingga Jalan Poros Bontonompo sampai dengan batas Kabupaten Gowa – Takalar.

Turut hadir pada kegiatan Penandatanganan Nota Kesepakatan ini, Wakil Bupati Gowa, H Abd Rauf Malaganni, Sekda Gowa, Kamsina. Para pimpinan SKPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa, serta Pasi Teritorial Kodim 1409/Gowa, Kapten Inf Rahmadi. (ps/ar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button