NewsSulsel

Bimtek Kader Posyandu, Upaya PKK Gowa Tingkatkan Keterampilan 205 Kader Posyandu

GOWA, NEWSURBAN.ID – Pentingnya peningkatan kapasitas kader Posyandu menjadi fokus Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa. Hal tersebut dibuktikan dengan terselenggaranya Bimbingan Teknis (Bimtek) Kader Posyandu Kabupaten Gowa Tahun 2023 yang berlangsung di Gedung Salabea Kecamatan Manuju, Rabu (22/11).

Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa, Mussadiyah Rauf mengatakan, kegiatan yang bekerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan kader dalam melaksanakan tugasnya.

“Kader Posyandu harus mampu menjadi pengelola Posyandu dengan baik karena kader lah yang memahami kondisi dan kebutuhan masyarakat, selain itu kader Posyandu adalah ujung tombak pembangunan berwawasan kesehatan di desa, pada wilayah Posyandu masing-masing bekerja secara sukarela dan tanpa kenal lelah,” jelas istri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaggani ini.

Baca Juga: Bupati Gowa Terima Kunjungan Komisi IX DPR: Capaian Imunisasi di Gowa Lampaui Target Nasional

Ia juga mengharapkan untuk setiap pemerintah desa, pemerintah kecamatan, memberikan support atau memfasilitasi setiap kader Posyandu dalam setiap kegiatan.

Para kader juga di harapkan untuk benar-benar menyimak materi Bimtek dengan seksama. Demi terwujudnya kader Posyandu yang cerdas dan juga terampil dalam melaksanakan tugas di lapangan.

“Saya berharap kami ibu-ibu kader Posyandu dapat menyimak secara baik segala materi yang-diberikan oleh narasumber. Sehingga dapat mengetahui wawasan peningkatan kapasitas dan kemampuan dalam melaksanakan tugas masing-masing,” pesan Mussadiyah kepada para kader Posyandu se-Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa, Muh. Basir yang hadir pada kesempatan tersebut meminta kepada 205 orang kader. Yang hadir pada Bimtek tersebut untuk segera menindaklanjuti materi yang telah-diperoleh pada Posyandu masing-masing.

Baca Juga: Gowa Jadi Lokus PKK Kota Tidore Kepulauan Lakukan Studi Tiru Penerapan 10 Program Pokok PKK

“Saya berharap kepada para kader Posyandu materi yang di terima untuk segera di tindaklanjuti di lapangan. Di tularkan kepada para kader Posyandu yang lain ilmu yang di peroleh tersebut,” tegasnya.

Basir juga berharap kepada seluruh ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan. Untuk dapat menindaklanjuti ke desa-desa terkait dengan 10 Program Pokok PKK.

“Termasuk di dalamnya bidang kesehatan, bagaimana stuntingnya, bagaimana balita kurang gizinya. Bagaimana ibu hamil KEKnya dan bagaimana lansianya. Karena kami paham bahwa di desa itu masih ada masyarakat yang belum memahami tentangnya program kegiatan PKK,” tambahnya.

Adapun pemateri pada Bimtek Kader Posyandu Kabupateb Gowa Tahun 2023 ini di antaranya, Ketua Pokja IV TP PKK Kab. Gowa, dr. Faridah, Sekretaris Pokja IV PKK Gowa, Nurmiaty dan Anggota Pokja IV PKK Gowa, dr Tri Oktaviani. (AF/*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button