Timnas Indonesia Taklukkan Timor Leste 4-1, Witan Borong Dua Gol

JAKARTA, NEWSURBAN.ID — Timnas Indonesia taklukkan Timor Leste 4-1 dalam penyisihan grup A Sea Games 2021 Vietnam. Dua gol Timnas U-23 Inonesia dalam laga di Staion Viet Tri, Phu Tho, Selasa (10/5) dicetak pemain asal Sulawesi Tengah, Witan Sulaeman.

Sepasang gol lainnya dari Egy Maulana dan Fachruddin Aryanto. Sementara gol Timor Leste dibuat Mouzinho de Lima.

Pada laga tersebut, pelatih Timnas U-23 Indonesia Shin Tae-yong menerapkan formasi 4-2-3-1, dengan menurunkan trio Egy Maulana, Irfan Jauhari dan Witan Sulaeman sejak awal laga.

Gelandang Syahrian Abimanyu juga tampil bersama Marc Klok dan Ricky Kambuaya. Begitu pula kwartet bek Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho Ramdhani, Fachruddin Aryanto dan Ilham Rio Fahmi.

Baca Juga:Ditaklukkan Vietnam karena Tampil Buruk, Timnas Indonesia U-23 Dihujat Netizen

Pada 10 menit awal laga, Timor Leste mengambil inisiatif serangan dan mengurung Indonesia. Bahkan Timor Leste memperoleh hadiah tendangan penalti karena pelanggaran Marc Klok tiga menit setelah sepak mula.

Tapi sayang eksekusi Mouzinho de Lima mampu di tepis kiper Ernando Ari.

Setelah keluar dari tekanan, Indonesia sukses membuka keunggulan pada menit ke-16. Egy yang berdiri bebas di muka gawang sukses mengeksekusi umpan sundulan Rizky Ridho.

Setelah itu, Egy, Irfan Jauhari dan Ricky Kambuaya meraih kesempatan menambah keunggulan. Tetapi percobaan-percobaan mereka kandas di tangan penjaga gawang lawan, Junildo Pereira. Sehingga sekor 1-0 tak berubah hingga turun minum.

Awal babak kedua, Shin Tae-yong memasukkan Saddil Ramdani dan Asnawi Mangkualam untuk menambah daya gedor timnya.

Baca Juga: Latihan Jelang Laga Melawan Timnas Indonesia U-23, VietnamDijaga Aparat

Strategi tersebut berbuah positif. Enam menit setelah dua nama tersebut memasuki lapangan, Indonesia menggandakan skor lewat kepala Witan Sulaeman.

Witan mengonversi operan lemparan ke dalam Alfeandra Dewangga. Pada menit ke-58, giliran kapten Fachruddin Aryanto yang menciptakan gol setelah terjadi kemelut di pertahanan Timor Leste.

Sementara Timor Leste memperkecil kedudukan pada menit ke-69 via Mouzinho.

Namun Indonesia berhasil membobol gawang Timor Leste untuk keempat kalinya pada menit ke-77 hasil sepakan Witan. Gol itu berasal dari assist Saddil Ramdani.

Baca Juga: Pemain Timnas Piala AFF 2020 Witan Sulaiman dapat Beasiswa Sampai S2 dari Wali Kota Palu

Hasil tersebut belum mengubah posisi Indonesia di peringkat keempat Grup A, lantaran baru mendapatkan tiga poin dari dua laga.

Akan tetapi, Garuda Muda masih berpeluang untuk lolos ke semifinal. Sementara Timor Leste berada tepat di bawah Indonesia atau juru kunci dengan koleksi nol poin dari tiga pertandingan. Itu membuat mereka-dipastikan tak lolos ke fase berikutnya.

Laga berikutnya di Grup A, Jumat (13/5), Indonesia akan melawan Filipina. Sementara Timor Leste baru akan menjalani laga terakhirnya di SEA Games 2021 pada Minggu (15/5) menghadapi Vietnam. (hrd/dam)

Exit mobile version