KalimantanNewsSulsel

Sulsel Craft EXPO 2023 Sulsel Andalan Indonesia di Samarinda Hadirkan Produk Unggulan UMKM

SAMARINDA, NEWSURBAN.ID — Gubernur Sulawei Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan, Naoemi Octarina membuka kegiatan Sulsel Craft EXPO 2023 Sulsel Andalan Indonesia di Big Mall Samarinda, Jumat 18 Agustus 2023.

Kegiatan akan berlangsung hingga 20 Agustus, menghadirkan produk UMKM unggulan dan andalan Sulsel. Juga di isi berbagai kegiatan. Seperti seni budaya kabupaten/kota; malam apresiasi Ketua Dekranasda; presentese produk; business matching; lomba: inovasi craft, stand terbaik, hias kerajinan, dan mewarnai.

“Di event ini menghadirkan produk-produk terbaik dari Sulsel,” kata Andi Sudirman Sulaiman.

Baca Juga: Pemenang Undian Jalan Sehat Sulsel Anti Mager Terharu Terima Hadiah Umroh

Ia berharap Sulsel Craft Expo 2023 yang di laksanakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulsel dan Dekranasda Sulsel. Ini sebagai momentum untuk mengembangkan dan mempromosikan industri kerajinan masyarakat khas Sulsel dan pemulihan ekonomi di Sulawesi Selatan.

Program pengembangan UMKM dilakukan secara terencana termasuk pengembangan dan promosi produk kerajinan.

Selain itu, Sulsel menerapkan pengabungkan teknologi tinggi dengan kearifan lokalnya, menjalankan konsep green economy atau ekonomi yang berkelanjutan.

Baca Juga: Pemprov Sulsel Minta Maaf ke Kanwil Kemenag Sulsel Soal Pembaca Doa di HUT Ke-78 RI, Karo Kesra Akui Ada Miskomunikasi

“Sekarang semua fashion internasional sudah mengarah ke Indonesia. Bahkan produk-produk Toraja itu sudah di ekspor. Bahkan sudah di jual ke luar negeri. Ini yang perlu kita lakukan. Karena orang luar itu mau, produk yang di jual adalah betul-betul hand made, kembali ke bahan dan pewarna alami,” sebutnya.

Sedangkan Ketua Dekranasda Sulsel, Naoemi Octarina menyampaikan, pelaksanaan di Samarinda,diketahui bersama bahwa di Kalimantan Timur. Banyak perantau datang dari Sulsel dan ikut membangun perekonomian di daerah ini.

“Pemilihan Samarinda banyak orang Sulsel. Sehingga dapat terobati rindunya dan lebih mengetahui apa produk Sulsel yang menjadi unggulan atau andalan di daerahnya. Bahkan yang sudah sampai pasar internasional,” sebutnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button