NewsSulsel

Wabup Gowa Dorong Peran Kwarcab Tingkatkan Kualitas SDM Pembina

# Bertindak Sebagai Pembina Apel Besar Gerakan Pramuka Ke-62 Tingkat Kwarcab Gowa

GOWA, NEWSURBAN.ID — Wakil Bupati (Wabup) Gowa selaku Wakil Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Gowa Abd Rauf Malaganni dorong peran Kwarcab tingkatkan kualitas SDM pembina.

Hal itu ia sampaikan saat bertindak selaku Pembina Apel Besar Gerakan Pramuka Ke-62 Tahun Tingkat Kwartir Cabang (Kwarcab) Gowa yang berlangsung di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa, Senin (28/8).

Wakil Bupati Gowa mengatakan, jumlah Sumber Daya Manusia yang ada di Gerakan Pramuka khususnya para pembina Pramuka dan pelatih pembina Pramuka jumlahnya masih sangat terbatas, oleh sebab itu peningkatan jumlah dan kualitas pembina serta pelatih pembina Pramuka harus terus ditingkatkan.

“SDM pada Gerakan Pramuka sangat terbatas, khususnya di Kwarcab Gowa sendiri, sehingga kualitas dari para pembina dan pelatih pembina pun harus terus ditingkatkan,” ujarnya.

Baca Juga: Adnan Harap Pelaksanaan Pemilu di Gowa Kembali Torehkan Prestasi

Tema utama Peringatan Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023 ini adalah “Dengan Peringatan Hari Pramuka Ke-62, Mari Kita Wujudkan SDM yang Profesional dan Berwawasan Kebangsaan”.

Tema ini kata Abd Rauf menunjukkan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional.

“Tidak hanya itu, wawasan kebangsaan juga menjadi sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan nasionalisme, cinta tanah air dan semangat bela negara, untuk itu Gerakan Pramuka harus tetap solid dan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan,” tambah Karaeng Kio sapaan akrab Wabup Gow aini.

Baca Juga: Semarakkan HUT Ke-78 RI, TP PKK Gowa Gelar Aneka Lomba

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para orang tua yang telah mempercayakan anak-anaknya. Untuk di didik dalam Gerakan Pramuka serta masyarakat luas yang selalu mendukung pendidikan Gerakan Pramuka.

Sementara itu, Wakil Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gowa Bidang Bela Negara, Muliadi Mahmud menjelaskan, Apel Besar Gerakan Pramuka ini. Seharusnya di laksanakan pada puncaknya yakni tanggal 14 Agustus 2023 lalu. Hanya saja kegiatan ini di undur lantaran menunggu kepulangan anggota Pramuka Kwarcab Gowa yang mengikuti Raimuna Nasional di Cibubur.

“Seharusnya kita laksanakan di tanggal 14 Agustus kemarin, tapi kita geser agak mundur. Karena menunggu adik-adik yang pulang dari Cibubur untuk kegiatan Raimuna Nasional di Cibubur,” ujarnya.

Baca Juga: Pemkab Gowa Gelar Resepsi Kenegaraan HUT Ke-78 RI untuk Masyarakat

Pada momentum Apel Besar Gerakan Pramuka Ke-62 ini, Muliadi berharap, Pramuka bisa menjadi wadah bagi anak-anak di sekolah. Untuk membangun jati diri, mengasah jiwa sosial dan lainnya, tentu dengan dukungan dari berbagai pihak.

“Harapan kami kegiatan Pramuka bisa lebih terbuka buat siswa-siswi di seluruh sekolah yang ada. Dan di bantu sarana dan prasarana oleh pemerintah setempat,” harapnya.

Pada Apel Besar Gerakan Pramuka Ke-62 Tahun Tingkat Kwarcab Gowa ini, Wabup Gowa juga menyematkan Lencana Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka. Kepada 9 (Sembilan) anggota Pramuka Kwarcab Gowa. Di antaranya Lencana Darma Bakti sebanyak 3 (tiga) orang, Lencana Panca Warsa sebanyak 5 (lima) orang. Dan Lencana Teladan sebanyak 1 (satu) orang. (af/up)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button