EkonomiNewsTekno

Andi Sudirman Munculkan “BajuBodo” Sebagai Marketplace Sulsel

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengoptimalkan belanja barang dan jasa menggunakan produk dalam negeri bagi jajaran pemerintah daerah. Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman meluncurkan program “Bajibodo” sebagai marketplace di Sulsel.

Bagi seluruh OPD lingkup Pemprov Sulsel mewajibkan. Agar pihak ketiga sebagai rekanan dalam belanja APBD. Untuk menggunakan marketplace Sulsel melalui aplikasi “BajuBodo” Sulsel. Aplikasi berplatform website tersebut bisa diakses melalui www.bajubodo.sulselprov.go.id .

Menariknya, di Indonesia hanya empat pemerintah daerah yang menciptakan atau mengembangkan marketplace lokal berbasis aplikasi. Mirip dengan marketplace yang sudah profesional sepwrti grab, gojek, bukalapak dan lain sebagainya.

Baca juga: Sukses Manfaatkan Aplikasi Digital untuk Pelayanan Publik, Pemprov Sulsel Raih Penghargaan Top Digital Award 2021

Keempat pemerintah daerah tersebut adalah; “e-order” milik Provinsi DKI, “sosialita” milik Pemkab Tanah Laut, “PEKEN” milik Pemkab Surabaya dan “BajuBodo” milik Pemprov Sulsel.

“BajuBodo Sulawesi Selatan sudah bisa di akses. Silakan seluruh OPD wajib belanja di marketplace ini,” ujar Kepala Biro Pengadaan Barang dan Jasa Pemprov Sulsel Asrul Sani, Senin (4/7/2022) di Makassar.

Menurutnya, pihak Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jara Pemerintah (LKPP) telah menetapkan secara sah dan resmi bahwa Domain:https://bajubodo.sulselprov.go.id sebagai mitra Toko Daring di Pemprov Sulsel.

Baca juga: Camat Maros Baru Apresiasi Respons Cepat Gubernur Andi Sudirman

Keputusan LKPP tertuang dalam Surat Keputusan LKPP NOMOR: 120 TAHUN 2022 tentang penetapan Pemprov Sulsel selaku mitra toko daring. SK tanda tangani oleh Deputi Pang Monitoring Evaluasi dan Pengembangan Sistem Informasi Gatot Pambudhi Poetranto.

Satu hal lagi, menurut Asrul Sani, Marketplace “Baju Bodo Sulsel” Sudah terigestrasi di Kementerian Kominfo. “Jadi aman ini BajuBodo, sudah bisa kita pakai semua,” ujar Asrul.

Dalam aplikasi “BajuBodo” Sulawesi Selatan. Ada 13 item yang bisa gunakan untuk pembelanjaan online. Antara lain makan minum, alat tulis kantor, fashion, jasa transportasi, kurir dan lain sebagainya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button