MetroNewsNusantaraSulsel
Trending

Kemenag Sulsel Berkurban 6 Ekor Sapi, Khaeroni: Tahun Depan Kita Salurkan ke Ponpes dan Madrasah Tertinggal

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Kantor Kementerian Agama Sulawesi Selatan/ Kemenag Sulsel berkurban 6 ekor sapi di momentum hari raya Idul Adha 1443 H / 2022 M. Ini, sekaligus menjadi refleksi bagi umat muslim untuk meneguhkan dan meningkatkan keimanan kepada sang pencipta Allah SWT.

Salah satu wujud cinta kepada Allah SWT, yakni keikhlasan dalam berkurban. Hal ini, sebagimana yang-ditunjukkan ASN Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan pada hari raya Idul Adha tahun ini.

Baca Juga: PT Mandiri Palmera Agrindo Berkurban Satu Ekor Sapi dan Kambing

Ketua Panitia Kurban Kanwil Kemenag Sulsel, Muhammad Nur mengungkapkan bahwa pada Idul Adha tahun ini disembelih 6 ekor sapi yang merupkan hewan kurban dari Kakanwil Khaeroni beserta jajaran dan staf.

“Pada Idul Adha kali ini terdapat 6 ekor sapi kurban di Kanwil Kemenag Sulsel, dan sesuai Surat Edaran Menteri Agama Nomor 10 tahun 2022 sapi-sapi ini kami sembelih di Rumah Potong Hewan (RPH) untuk memastikan bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku’,” ungkap Muhammad Nur.

Baca Juga: Garnita Malahayati Sulsel Berkurban Satu Ekor Sapi

Dia juga menjelaskan, sebagaimamana yang disyariatkan, pembagian daging kurban ini-diberikan kepada tiga golongan penerima. Yaitu Shohibul kurban (yang melakukan kurban) beserta keluarganya; kemudian kepada sahabat; kerabat dan tetangga serta kepada fakir miskin; yatim piatu dan dhuafa.

“Kami bagikan sebagaimana yang-disyariatkan. Bagi yang berkurban kami juga titipkan masing-masing 4 kg untuk-dibagikan kepada tetangganya. Selain itu, kami juga berikan kepada teman-teman cleaning service dan security serta warga sekitar kantor yang berhak menerimanya. Total kurang lebih 500an kantong kemasan 1 kg yang kami salurkan,” jelas Muhammad Nur.

Baca Juga: Idul Adha 1443 H, Gubernur Andi Sudirman: Mari Syiarkan Semangat Berkurban dengan Keikhlasan

Kepala Seksi Kemasjidan, Hisab Rukyat dan Bina Syariah pada Bidang Urais, menyebutkan sebagaimana arahan Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Khaeroni, hewan kurban tahun depan akan di salurkan ke Pondok Pesantren (Ponpes) atau Madrasah tertinggal.

“Ini imbauan bapak Kakanwil (Khaeroni) yang-disampaikan pada apel pagi dalam amanatnya. Bahwa tahun depan hewan kurban ASN Kanwil Kemenag Sulsel selain-dibagikan di lingkungan Kantor. Juga akan-disalurkan ke Ponpes dan Madrasah tertinggal,” ucap Muhammad Nur menirukan imbauan Khaeroni.

Baca Juga: Idul Adha 1443 Hijriyah, Kemenag Bulukumba Catat Hewan Kurban Capai 1.454 Ekor

Tentunya, lanjut Muhammad Nur, agar tepat sasaran maka data Ponpes dan Madrasah tertinggal itu akan-diambil pada Bidang PD Pontren. Dan, Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sulsel.

“Saya rasa tidak sulit merealisasikan gagasan pak Kakanwil ini. Kita akan mengambil data Ponpes dan Madrasah tertinggal pada satker yang membidangi. Hanya mekanismenya yang akan kita atur kemudian,” pungkasnya. (ab/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button