InternasionalNewsPariwisata

Penuh Pesona, Ini 5 Wisata Turki yang Cocok Jadi Destinasi Liburan!

TURKI, NEWSURBAN.ID Ingin jalan-jalan ke luar negeri dengan budget relatif terjangkau? Turki adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, sekarang Anda bisa terbang dari Jakarta ke Turki dengan gampang. Tak hanya itu, Anda juga bisa pergi ke bandaranya naik DAMRI. Jadi, perjalanan pun lebih mudah dan murah!

Namun, sebelum berangkat ke Turki, ada baiknya Anda membuat itinerary yang lengkap supaya jalan-jalan jadi lebih terencana. Simak rekomendasi wisata Turki berikut ini

5 Wisata Turki Terkenal, Cocok Dikunjungi Saat Liburan

Setelah namanya melejit jadi tempat wisata di pertengahan tahun 2021, hingga kini Turki tetap konsisten menjadi tujuan wisatawan mancanegara. Khususnya Indonesia.

Selain dipengaruhi oleh beberapa selebritis terkenal asal tanah air yang sempat melakukan shooting di Negeri Dua Benua ini, destinasi wisata di Turki yang kental akan arsitektur Timur Tengah memang tak perlu diragukan lagi pesonanya.

Mulai dari megahnya Hagia Sophia hingga indahnya Pamukkale, ini dia rekomendasi wisata di Turki yang wajib Anda kunjungi saat liburan!

1.Ā Ā  Hagia Sophia

Bangunan bersejarah peninggalan Kekaisaran Kristiani Bizantium dan Kesultanan Muslim Ottoman yang terletak di Istanbul ini tak boleh lewat dari daftar tempat wisata yang wajib Anda kunjungi, khususnya bagi umat muslim.

Pada tahun 1943, pemerintah Turki memutuskan status Hagia Sophia menjadi museum. Namun, karena munculnya polemik, pemerintah mencabut kembali putusan tersebut sehingga kini Hagia Sophia tetap kokoh berdiri sebagai masjid yang menyimpan sejarah bagi umat Islam.

Jika ditinjau dari segi arsitektur, bangunan ini terbilang megah dan kaya akan ciri khas. Daya tarik utama dari bangunan Hagia Sophia adalah kubah besar dan empat tiang tinggi yang mendukung kegagahan bangunan.

Beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini di antaranya napak tilas sejarah lewat bangunan masjid, beribadah, dan tak lupa mengambil foto-foto berlatar belakang bangunan masjid yang megah.

2.Ā Ā  Topkapı Palace

Jika Anda tertarik dengan wisata sejarah Turki,Ā  Topkapı Palace di Istanbul tak boleh hilang dari daftar tujuan wisata. Pasalnya, Topkapı Palace merupakan tempat bersejarah yang bernilai penting.

Dulunya, bangunan ini merupakan tempatnya pusat pemerintahan Turki sekaligus tempat tinggal Sultan Utsmaniyah sebelum pindah ke Dolmabahce Palace. Bangunan istana ini megah dan luas hingga mencapai 700.000 m2.

Ketika pertama kali menginjakkan kaki di sini, Anda akan disambut oleh pintu masuk yang diapit oleh dua tiang megah. Tak berhenti di situ, bagian dalam bangunan juga tak kalah menakjubkan dengan hiasan kaligrafi yang terpampang di area dinding ruangan. Kemudian, Anda juga bisa melihat pernak-pernik peninggalan istana seperti cangkir, kalung, hingga batu permata.

3.Ā Ā  Danau Abant

Lebih tertarik dengan wisata alam Turki? Danau Abant hadir dengan panoramanya yang memukau. Terletak di Bolu, Anatolia, danau ini memiliki luas area hingga 1.28 km2 dan dikelilingi oleh hutan yang hijau.

Di sini, Anda bisa menemukan beragam flora dan fauna yang susah ditemui di Indonesia, mulai dari pohon ek, pohon hazel, rubah merah, hingga ikan Abant trout yang merupakan endemik Danau Abant.

Nikmati pengalaman memanjakan mata di Danau Abant dengan berpiknik santai di tepian danau, menginap di resort dekat danau, hingga berswafoto ria dengan latar belakang air danau yang jernih.

4.Ā Ā  Cappadocia

Tak lengkap rasanya jika tempat ini tidak disertakan dalam rekomendasi wisata Turki terkenal. Terletak di wilayah Ankara, Cappadocia merupakan sebuah distrik yang berada di dataran tinggi berbatu di sebelah utara Pegunungan Taurus.

Salah satu daya tarik paling terkenal di wilayah ini adalah wisata balon udara. Anda bisa menyaksikan pesona area Cappadocia yang indah dari atas balon udara dengan desain yang warna-warni.

Tak hanya itu, wilayah ini juga terkenal sebagai ā€œthe land of beautiful horsesā€ sehingga Anda bisa mencoba wisata naik kuda di sini. Selain itu, kuliner khas Cappadocia juga memanjakan lidah.

Menikmati suasana liburan yang seru nan romantis ketika berkunjung ke Cappadocia, baik bersama pasangan maupun keluarga.

5.Ā Ā  Pamukkale

Memiliki nama yang berarti ā€œkastil kapasā€, panorama alam di Pamukkale berwujud kolam air panas kebiruan yang terbentang di daratan seputih kapas. Ternyata, warna putih ini berasal dari hidrogen karbonat dan kalsium dalam air panas di area Denizli ini.

Di sini, Anda bisa merasakan sensasi berendam di kolam air panas bersuhu hingga 36Ā°C yang mulanya terbentuk dari 17 sumber air. Tak hanya itu, Anda juga bisa berjalan-jalan di sekitar area untuk mengambil foto-foto yang indah dan Instagramable.

Kabarnya, air panas di sini mengandung mineral yang bagus untuk kesehatan tubuh. Jadi, badan akan terasa lebih segar setelah berendam di sini.

Bagaimana? Tertarik mengunjungi deretan wisata Turki di atas? Jangan lupa pesan tiket pesawat hanya lewat Traveloka untuk mendapatkan penawaran serta promo menarik lainnya. Selamat berlibur! (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button