MetroNews

Pelatihan 70 Jam Pelajaran Pemadam Kebakaran Makassar Tingkatkan Kesiapan Lapangan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dan Kementerian Dalam Negeri resmi gelar Pendidikan dan Pelatihan Pemadam Kebakaran Program 70 Jam Pelajaran (JP) yang berlangsung di Mako Damkar Makassar mulai Senin 4 – 10 Desember 2023.

Kepala Dinas Damkar Kota Makassar, Hasanuddin membuka kegiatan ini saat apel pagi. Ia mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan keterampilan para pemadam kebakaran dalam menghadapi berbagai situasi darurat.

“Untuk mencegah kejadian kebakaran dan mengurangi dampak yang ditimbulkannya, diperlukan tingkat pengetahuan tentang api yang memadai. Untuk itulah pelatihan ini (pelatihan 70 jam) sangat penting untuk di laksanakan, termasuk Damkar Makassar,” jelasnya.

Baca Juga: Ketua TP PKK Dampingi Wali Kota Makassar Tinjau Progres Pembangunan Gedung PKK dan Dekranasda

Ia mengungkapkan sebanyak 84 peserta di libatkan dalam program ini. Mencakup materi-materi esensial seputar pengenalan peralatan kebakaran, penanggulangan kebakaran, evakuasi, formasi regu, taktik penyelamatan. Dan materi lainnya.

“Dengan durasi program sepanjang 70 jam pelajaran atau satu minggu. Di harapkan para peserta dapat memahami dengan baik tugas dan tanggung jawab sebagai pemadam kebakaran,” ucapnya.

Lanjutnya, pelatihan ini tidak hanya bersifat teoritis. Namun juga praktis dengan simulasi kebakaran di berbagai skenario. Hal ini dapat memberikan pengalaman langsung kepada peserta. Sehingga mereka dapat lebih siap dan percaya diri ketika di lapangan.

Di harapkan keberhasilan program ini dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kapabilitas Damkar Makassar. Dalam menanggulangi dan mencegah kebakaran di kota Makassar. (*)

Cek berita dan artikel lain di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button