MetroNews

Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI, Pemuda Singapura dan Indonesia Diskusi Bahas Masalah Kepemudaan

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI menjadi salah satu rangkaian kegiatan pemerintah kota se-Indonesia di Kota Makassar.

Yang menarik, Youth City Changers tidak hanya diikuti ratusan pemuda dari 98 kota se-Indonesia peserta APEKSI tetapi juga melibatkan delegasi pemuda Singapura.

Keterlibatan delegasi pemuda Singapura, kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Makassar Andi Pattiware berkat inisiasi Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto.

Baca Juga: Jelang Rapat Kerja Nasional APEKSI, Fatmawati Rusdi Tinjau Kesiapan UMKM 5 Lorong Wisata

Beberapa waktu yang lalu Danny Pomanto melakukan pertemuan dan mengundang Menteri Pendidikan Singapura Chan Chun Sing mengikuti Youth City Changers APEKSI di Kota Makassar.

“Alhamdulillah kami sudah mendapatkan konfirmasi kalau National Youth Council Singapura akan mengirimkan lima orang delegasi pemuda dari sana,” kata Andi Pattiware, Rabu (5/07/2023).

Kehadiran delegasi pemuda Singapura di Youth City Changers, kata Andi Pattiware memberikan perspektif baru terkait solusi dari masalah kepemudaan yang terjadi khusus di negara maju seperti Singapura.

“Mereka nantinya akan mengikuti forum membahas isu-isu kepemudaan bersama dengan pemuda-pemuda di Indonesia,” ujarnya.

Baca Juga: Ketua TP PKK Kota Makassar Matangkan Persiapan Ladies Program APEKSI 2023

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda-Dispora Muhammad Dasysyara Dahya menjelaskan peserta Youth City Changers nanti akan di bagi menjadi empat komisi.

Delegasi pemuda baik Indonesia maupun Singapura akan membahas empat tema. Di antaranya, digitalization, future leader, empowerment, dan sustainability.

“Masing-masing dari komisi nanti akan memaparkan status quo atau keadaan di daerahnya masing-masing. Dan, akan di tanggapi pemuda dari kota lain. Apakah pernah terjadi dan solusinya seperti apa,” jelasnya.

Hasil dari forum diskusi tersebut, lanjut Dee sapaan akrabnya akan-disampaikan pada saat puncak acara Rakernas APEKSI XVI di hadapan 98 wali kota se-Indonesia.

Baca Juga: Fatmawati Rusdi Pantau Kesiapan Lomba Kelurahan Tingkat Kabupaten Kota 2023

“Mereka akan menyusun draft point dan hasilnya akan di bacakan saat puncak Rakernas APEKSI. Jadi teman-teman pemuda akan menyampaikan apa yang selama ini menjadi keresahan di kota masing-masing,” tutupnya.
Di ketahui, Youth City Changers Rakernas APEKSI XVI akan berlangsung di Tokka Tena Rata, Maros pada 10-11 Juli 2023, mendatang.

Mengusung tema ‘Kolaborasi Kaum Muda untuk Indonesia Kuat’ menghadirkan empat pembicara. Yakni, Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto, Menteri BUMN Erick Tohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo. Dan, Ketua APEKSI Bima Arya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button