MetroNews

Lakukan SMEP, TP PKK Sulsel Sambangi TP PKK Makassar

MAKASSAR, NEWSURBAN.ID — Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) melakukan kunjungan ke kantor TP PKK Kota Makassar. Kunjungan ini dalam rangka Supervisi, Monitoring, Evaluasi, dan Pelaporan (SMEP) terhadap kinerja PKK di tingkat kabupaten/kota.

Rombongan yang dipimpin oleh Sekretaris PKK Provinsi Sulsel, Zulfitriani Dwiyanti Mustaka, diterima langsung oleh Ketua TP PKK Kota Makassar Indira Yusuf Ismail didampingi jajaran pengurus di Rumah Jabatan Wali Kota Makassar, Kamis (6/07/2023).

Tujuan kunjungan ini adalah untuk memastikan kualitas dan efektivitas program-program PKK. Di samping itu, juga berdiskusi tentang program yang sedang berjalan serta kendala yang dihadapi para kader dalam implementasi program.

Baca Juga: Raih Juara Kelurahan Tingkat Provinsi, Indira Dorong Seluruh Lurah Berbenah Mencontoh Kelurahan Maccini Sombala

Indira menyampaikan, supervisi atau penilaian yang-dilakukan ini cukup penting dalam upaya terus memperbaiki dan mengoptimalkan program-program PKK di Kota Makassar.

Dia juga menyatakan komitmen PKK Kota Makassar untuk melaksanakan rekomendasi yang-dihasilkan dari evaluasi ini guna mendorong kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

“Tentu kami selalu total dalam menjalankan tugas dan program PKK. Dengan adanya, maka apa yang telah di lakukan di evaluasi juga agar ke depan lebih baik. Kalau tidak di nilai tidak ada gunanya,” ungkap Indira.

Pada kesempatan tersebut, juga di paparkan berbagai kegiatan dan program yang telah di lakukan oleh TP PKK Makassar tersebut. Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga.

Baca Juga: Hadiri Evaluasi Lomba Kelurahan Se-Sulsel, Indira Yusuf Ismail Dorong Terus Tingkatkan Pelayanan

Termasuk upaya yang telah di lakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan program-program PKK. Yang hasilnya sudah terlihat baru-baru ini, Kota Makassar meraih juara pertama dalam lomba kelurahan terpadu tingkat Provinsi Sulawesi Selatan.

“Dalam lomba kelurahan terpadu itu Makassar jadi salah satu yang terbaik. Tapi saya senantiasa sampaikan untuk tidak GR (gede rasa). Kalau masuk tingkat nasional, akan banyak yang jauh lebih bagus,” sebutnya.

“Oleh karena itu saya tekankan bahwa kita harus terus belajar, kita laksanakan dengan bahagia sehingga hasilnya juga membahagiakan. Mudah-mudahan ini lucky untuk PKK Makassar sekali lagi,” tambah Indira.

Di tempat yang sama, Sekretaris PKK Provinsi Sulsel, Zulfitriani Dwiyanti Mustaka yang mewakili Ketua TP PKK Sulsel Naoemi Octarina. Mengungkapkan bahwa kegiatan SMEP merupakan evaluasi sekaligus pembinaan pada 10 program pokok PKK dengan meilhat implementasi Pokja (kelompok kerja).

Baca Juga: Indira Yusuf Ismail Tinjau Kelayakan Lokasi Pembangunan Rumah Gizi di Kecamatan Tallo

Melalui SMEP ini, Pemprov Sulsel membawa tiga tujuan, yaitu memberikan informasi 10 program PKK Provinsi dan membina pelaksanaan program tersebut. Kemudian menggali informasi pelaksanaan program pokok di tingkat kabupaten/kota. Serta mendokumentasikan program unggulan sesuai kebutuhan masyarakat untuk jadi bahan laporan kami ke pusat.

“Kami selalu melihat apa yang di lakukan kabupaten/kota yang menjadi unggulan untuk Sulsel, Alhamdulillah Kota Makassar selalu jadi pionir untuk program PKK Sulsel. Banyak kegiatan di Makassar yang di tinjau pusat,” ujar Zulfitriani.

Lebih lanjut, dia memaparkan bahwa ada 4 program prioritas PKK yang telah tertuang dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) 2021-2024. Yakni, revolusi mental, ketahanan ekonomi, lingkungan hidup, dan peningkatan layanan dasar.

“Kami rasa Makassar akan menuntaskan ini semua hingga 2024,” pungkas Zulfitriani. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button