NewsSulsel

Melalui Diklat, Kapasitas Personil Damkar Bulukumba Ditingkatkan

BULUKUMBA, NEWSURBAN.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Satuan Polisi PP Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan kerjasama (Damkar) Bulukumba dengan Politeknik Penerbangan Makassar menggelar dua kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) teknik pencegahan dan pemadaman api dan Diklat kesehatan dan keselamatan kerja (K3).

Panitia penyelenggara Tri Agung Widayat melaporkan bahwa jumlah jam pelajaran diklat teknik pencegahan dan pemadaman api dan pendidikan dan pelatihan kesehatan dan  keselamatan selama 48 jam yang berlangsung selama 5 hari mulai tanggal 7 sampai 11 Agustus 2023.

“Peserta sebanyak 20 orang dari personil pemadam kebakaran,” ungkap Tri Agung saat pembukaan-Diklat di aula Bappelitbangda, Senin 7 Agustus 2023.

Baca Juga: PIM dan K3S Dukung Gotong Royong Bulukumba Bersih

Direktur Politeknik Penerbangan Makassar Saptandri Widyanto menyampaikan Diklat ini merupakan-diklat pemberdayaan masyarakat Politeknik Penerbangan Makassar, di mana seluruh biaya-ditanggung oleh Politeknik Penerbangan Makassar tahun anggaran 2023.

Dia mengatakan kegiatan ini merupakan wujud nyata Politeknik Penerbangan Makassar dalam meningkatkan kualitas masyarakat khususnya SDM aparat Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

“Terima kasih telah memberikan kepercayaan kepada kami khususnya untuk mengadakan-diklat ini. Kita harapkan kerjasama ini dapat memberikan hasil positif bagi kedua belah pihak,” pintanya.

Baca Juga: Ketua TP-PKK Bulukumba Ajak Pedagang Kaki Lima Jaga Kebersihan Pantai Tanjung Bira

Menurutnya, aspek keselamatan dan keamanan masyarakat memegang peran yang sangat penting, sehingga peningkatan keselamatan dan keamanan masyarakat merupakan hal yang menjadi prioritas utama.

Olehnya itu pihaknya melakukan peningkatan kualitas masyarakat khususnya personil pemadam kebakaran.

“Dengan adanya pelatihan semacam ini, personil pemadam kebakaran dapat bertambah ilmu pengetahuan baru yang berkaitan dengan teknik pemadaman api dan K3,” bebernya.

Baca Juga: TP-PKK Bulukumba Galang Kerjasama Bantu Bersihkan Kawasan Tanjung Bira

Di dalam kegiatan ini tambahnya, peserta akan di berikan pelatihan secara teori dan praktikum. Tentang tata cara menghadapi situasi bahaya yang terjadi secara tiba – tiba.

Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf mengapresiasi kerjasama ini. Sehingga ada upaya peningkatan kapasitas bagi personil pemadan kebakaran yang di miliki Pemerintah Kabupaten Bulukumba.

Andi Utta sapaan akrab bupati mengharapkan peran anggota Satpol PP Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan. Dapat mempersiapkan diri secara mental dan teknis dalam melaksanakan pengendalian keamanan dan kenyamanan lingkungan. Melalui berbagai pelatihan peningkatan kapasitas SDM seperti ini.

“Melalui pelatihan peningkatan SDM ini, kita harapkan personil Pemadam Kebakaran mampu memahami tupoksinya. Dan dapat mengaplikasikannya di lapangan,” ungkapnya.

Baca Juga: Bupati Bulukumba Hadiri Verifikasi Virtual Kabupaten Kota Sehat

Dengan melihat pada kewenangan yang di berikan kepada SatPol PP. Tidak dapat di pungkiri bahwa keberadaan Satpol PP sangat penting dan strategis. Dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah, terkait perlindungan masyarakat. Termasuk bagaimana lebih cepat tanggap dalam melaksanakan fungsi pemadam kebakaran.

“Olehnya itu penting petugas Damkar di bekali dengan ilmu dan Teknik Kesehatan dan Keselamatan Kerja,” imbuhnya.

Turut hadir dalam pembukaan-Diklat Peningkatan SDM ini, Wakil Bupati Andi Edy Manaf. Dan Kasatpol PP Damkar dan Penyelamatan, Haerul Nurdin. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button