NewsPendidikan

Ini 7 Profesi yang Dianggap Sesuai untuk Lulusan SMA Jurusan IPA

NEWSURBAN.ID — Saat ini, banyak orang yang mengatakan bahwa mencari kerja sangat sulit. Jika lulusan S1 saja tidak bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai, bagaimana dengan lulusan SMA?

Anggapan ini tentu saja salah. Asalkan Anda bekerja keras dan rutin mengirim surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan, maka pekerjaan impian pun bisa tercapai. Namun, untuk Anda yang belum beruntung untuk sekadar masuk ke sesi wawancara, mungkin belum CV yang meyakinkan HRD. Maka dari itu, bagi lulusan SMA cari kerja, bisa simak referensi CV yang profesional di laman tersebut.

Jika masih bingung profesi apa yang cocok dimasuki oleh lulusan SMA terutama bagi jurusan IPA. Maka artikel berikut akan memberikan Anda beberapa referensinya di bawah ini!

  1. Karyawan Klinik Kesehatan

Bagi lulusan IPA, tentu tidak asing dengan istilah-istilah terkait dengan dunia kesehatan. Ini akan menjadi modal utama untuk bekerja di klinik layanan kesehatan. Pekerjaannya pun tidak memerlukan pengetahuan terlalu mendalam terkait dengan ilmu kesehatan. Asal Anda bisa mengerti perintah dari orang yang lebih berwenang di klinik tersebut, maka keberadaan Anda justru bisa membantu.

  1. Customer Service

Untuk menjadi customer service, sebenarnya, jurusan SMA apapun tetap bisa masuk. Maka dari itu, untuk Anda yang lulusan IPA bisa berkecimpung di dunia CS ini. Tugas dari CS adalah membantu pelanggan terkait dengan pertanyaan maupun keluhan. Anda harus memberi info pada pelanggan mengenai layanan dan produk. Tidak lupa juga dalam hal penerimaan pesanan serta proses refund.

Customer service bisa bekerja melalui berbagai media, mulai dari telepon sebagai call center, tatap muka, chat, dan sebagainya.

  1. Asisten Dokter Gigi

Sebagai asisten dokter gigi, Anda akan bertugas dalam membantu dokter gigi dalam berbagai hal. Termasuk mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan, menata ruang pemeriksaan dan memastikannya tetap bersih. Selain  itu, Anda juga akan membantu dokter dalam beragam prosedur, seperti pengambilan X-Ray, membersihkan koronal, memasang fluoride dan sealant di gigi pasien.

  1. Staf Agrikultur

Bagi lulusan SMA jurusan IPA, menjadi staf agrikultur adalah hal yang menyenangkan. Sebab, berhubungan erat dengan mapel yang dipelajarinya di sekolah yakni biologi. Staf agrikultur merupakan orang yang melakukan kerja sama dengan para petani.

Tugasnya yakni membantu petani supaya tanamannya tumbuh subur. Staf agrikultur harus memiliki pengetahuan terkait dengan berbagai bidang agar bisa menguji produk pertanian. Sehingga, hasil panennya berkualitas tinggi dan jumlahnya melimpah.

Staf agrikultur ini bertanggung jawab dalam komoditas pertanian yang mematuhi perundang-undangan. Selain itu, staf juga bertugas dalam menyelidiki, mengaudit, menganalisis, dan menguji produk pertanian.

  1. Anak Buah Kapal (ABK)

Selanjutnya, ada profesi sebagai Anak Buah Kapal alias ABK. Profesi ini bisa dilakukan oleh lulusan SMA dari jurusan IPA. Nantinya, sebagai anak buah kapal, Anda akan bekerja di kapal dalam jangka waktu berbulan-bulan.

Tugas dari anak buah kapal tergantung dari departemennya masing-masing. Jenjang karir untuk profesi ini juga cukup jelas. Di mana tingkatan tertinggi untuk anak buah kapa yakni Mualim 1 atau Chief Officer yang bekerja pada deck department.

  1. Pramugari

Untuk menjadi seorang pramugari, ternyata tidak harus lulus S1 terlebih dahulu. Anda yang merupakan lulusan SMA tetap bisa melakoni profesi tersebut asal memenuhi beberapa jenis persyaratan.

Di antara persyaratan tersebut adalah melengkapi berkas administrasi, tinggi badan proporsional (160 sampai 180 cm), good looking, dan lolos seleksi yang diselenggarakan. Ada banyak keuntungan menjadi pramugari, seperti bisa pergi ke luar negeri secara gratis. Selain itu, gaji pramugari juga tergolong cukup tinggi.

  1. Admin Penginput data

Setelah lulus SMA, Anda juga bisa langsung bekerja sebagai penginput data. Profesi ini cukup banyak dibutuhkan di berbagai bidang. Pekerjaannya pun tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Pasalnya, Anda hanya perlu memasukkan semua data yang terintegrasi dengan perusahaan.

Hanya saja, untuk menjalankan profesi ini, Anda harus memiliki tingkat kesabaran dan ketelitian tinggi. Jika ada kesalahan sedikit saja, maka perusahaan akan menerima imbasnya.

  1. Operator Produksi

Lulusan SMA jurusan IPA juga bisa jadi operator produksi. Tentunya, profesi ini selalu dibutuhkan menilik perkembangan industri yang ada di Indonesia berkembang sangat pesat.

Tugas dari operator produksi adalah melakukan pengoperasian mesin dan alat ketika produksi berlangsung. Tugas lainnya adalah membuat laporan serta menjaga agar lingkungan kerja selalu kondusif. Sehingga, target perusahaan bisa teraih dengan baik.

Untuk menjadi operator produksi, maka Anda harus mempunyai kekuatan fisik yang besar. Anda juga butuh ketekunan yang tinggi.

Demikian daftar 8 pekerjaan atau profesi yang cocok bagi lulusan SMA jurusan IPA. Semoga informasi di atas bermanfaat. Anda tidak boleh menyerah dalam mencari pekerjaan meski hanya lulus SMA. Asalkan semangat, Anda tetap bisa meraih pekerjaan impian. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com